Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ 15 Manfaat Terapi Bekam Secara Umum Dan Berdasarkan Dunia Medis | Pengertian

Konten [Tampil]





style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-7354097963829271"
data-ad-slot="2738828734"
data-ad-format="link"
data-full-width-responsive="true">



Bekam –Saya tak melewati malaikat dikala malam Isra’ Mi’raj, melainkan mereka mengucapkan, “Wahai Muhammad, perintahkan atas ummatmu agar berbekam.” (Hadits Riwayat Ibnu Majah)




Sunnah Hijamah (Bekam)




Image Source: TribunJualBeli.com

Terdapat perbedaan pendapat apakah bekam termasuk sunnah ataukah hanya mubah (dibolehkan). Banyak ulama yang beropini bahwa aturan berbekam (hijamah) hanyalah mubah alias boleh.


Tetapi ada juga yang beropini bahwa berbekam itu merupakan sunnah nabi, tidak hanya nabi Muhammad tetapi juga Nabi-nabi sebelumnya.


Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Lima kasus termasuk sunnah para Rasul ialah, rasa malu, pemaaf, hijaman (bekam), bersiwak, serta menggunakan wewangian”. (Hadits Riwayat Thabrani & Ibnu Jarir).


Berdasar hadist lainnya memberikan pula bahwasannya bekam itu sanggup menyembuhkan. Dari sahabat Ibnu Abbas ra, Nabi SAW pernah bersabda, “Penyembuhan itu ada tiga macam; (1) Mengkonsumsi madu, (2) Hijamah (berbekam), dan (3) Menyundut dengan besi panas. Dan saya melarang umatku berobat dengan menyundut”. (Hadits Riwayat Bukhari).






style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
data-ad-client="ca-pub-7354097963829271"
data-ad-slot="7622477994">




Bekam itu merupakan salah satu pengobatan terbaik. Diriwayatkan Annas bin Malik ra, Nabi SAW pernah bersabda, “Sesungguhnya sebaik – baiknya penyembuhan yang kalian laksanakan yaitu berbekam”. (Hadits Shahih Tirmidzi)




Manfaat Bekam










style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-7354097963829271"
data-ad-slot="6135148267"
data-ad-format="link"
data-full-width-responsive="true">




Image Source: republika.co.id

1. Membuang racun, angin, dan kolesterol


2. Melancarkan peredaran darah


3. Mengatasi demam


4. Mengatasi kelelahan






style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
data-ad-client="ca-pub-7354097963829271"
data-ad-slot="3640846867">




5. Meredakan nyeri dan keluhan


6. Menyembuhkan banyak penyakit


7. Mengobati banyak problem kulit


8. Memperbaiki beberapa sistem tubuh


9. Menghilangkan sihir


10. Menyembuhkan sakit kepala ringan dan sakit kepala sebelah


11. Menyembuhkan darah tinggi


12. Mengurangi stres sampai mencegah depresi


13. Membuat pernafasan makin sehat


14. Detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh





style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-7354097963829271"
data-ad-slot="9136716124">




15. Menurunkan berat tubuh dengan cara menyedot jaringan lemak dari pori-pori tubuh




Manfaat Bekam Menurut Dunia Medis




Image Source: idntimes.com

Penelitian atas pengobatan alternatif ini sudah dilakukan oleh beberapa peneliti. Beberapa di antaranya yaitu Saad A. Al Saedi.


Beliau peneliti dari Medicine College, Departement Pediatric. Beliau melaporkan penelitiannya dalam sebuah jurnal yang berjudul “Molecular Aspects of Cupping Therapy”.






style="display:inline-block;width:300px;height:600px"
data-ad-client="ca-pub-7354097963829271"
data-ad-slot="4295452985">




Beliau memperhatikan terapi bekam dan kaitannya dengan fungsi Imun iB pasien nanah Hepatitis C Kronik.


Penelitian itu mengamati pasien HCV yang melaksanakan cupping (bekam) dan membandingkannya dengan kelompok kontrol dengan sel darah putih CBC, fungsi hati dan respon imun.


Efek pengobatan bekam pada respon imun diamati di MDA, cAMP, dan IL–1ß. Penemuan dari penelitian menyatakan bahwa perbaikan yang signifikan di enzim hati (yaitu ALT) sehabis diterapi bekam secara berulang.


Dan pula dalam mengurangi cAMP serta MDA radikal bebas, yang dicurigai patologis hati yang berafiliasi dengan nanah HCV.


Di samping itu, hasil penelitian memberikan dampak cupping dalam meningkatnya IL–1ß yang memicu peningkatan imunostimulasi sekunder bagi radang.


Selain itu juga mengaktivasi T–limfosit & sel-B bersama dengan mengaktvasi molekul sitokin dan adhesi lain. Hasil memberikan pula peningkatan kontinyu jumlah trombosit ketika cupping dilakukan berulang.


Walaupun tak terdapat perubahan signifikan di jumlah WBC yang diamati, tetapi jumlah limfosit meningkat di atas variabel kontrol.


Ini sanggup mencerminkan meningkatnya sistem kekebalan diamati dalam viral load. Selain itu bekam juga meningkatkan kadar hemoglobin sedikit di atas nilai variabel kontrol.


Terapi bekam yang rutin juga berafiliasi penurunan viral load RNA HCV yang signifikan. Secara umum, hasil ini memberikan respon kekebalan yang meningkat signifikan sehabis bekam secara berulang.


Selain itu ada juga penurunan yang signifikan dalam replikasi virus di sampel darah dari pasien yang melaksanakan bekam berulang.


Penelitian sudah dilakukan bertujuan untuk mengetahui manfaat dari pengobatan bekam. Beberapa di antaranya yaitu yang dilakukan atas 60 orang gemuk yang berbekam secara rutin.


Penelitian menemukan bahwa bekam sanggup menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah. Selain itu bekam rutin juga menaikan kadar kolesterol baik.


Penemuan studi yang dimuat di BMC Medicine cukup mengejutkan. Penelitian lainnya yang dikutip dalam “Journal of the American Medical Association” menyatakan bahwa mereka yang mendonorkan darahnya tiap enam bulan satu kali lebih kecil kemungkinan terkena stroke dan serangan jantung.


Walaupun yang ini selain dari penelitian medis, Thomas W. Anderson (1985) mempublikasikan makalah “100 Diseases Treated by Cupping Method” yang artinya 100 Penyakit yang Dapat Diatasi dengan Bekam.


Dinyatakan di buku itu bahwa ada sebagian penyakit yang mempunyai respon cukup baik dengan Pengobatan bekam.


Penyakit tersebut yaitu stroke, hipertensi, parkinson, hiperuricemia, epilepsi, hiperkolesterolemia, vertigo, migrain, gagal ginjal, wasir, varises, dan semua keluhan sakit ibarat rematik, sciatica/ischialgia, nyeri pinggang bab bawah, penyakit darah (thalasemia, leukemia), asma, tinnitus, alergi, penyakit sistim imun (HIV, SLE), nanah (elefantiasis, hepatitis), insomnia, glaukoma, enuresis, skizofren, mania, dan trans (gangguan sihir/jin), dan lain-lain.


Selain itu juga bekam sanggup untuk fertilitas dan kecantikan ibarat mengurangi komedo, jerawat, vitiligo, menurunkan berat, dll.


Seperti itulah manfaat bekam. Selamat berbekam.




style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-7354097963829271"
data-ad-slot="6135148267"
data-ad-format="link"
data-full-width-responsive="true">




Sumber Kajian:

http://bekamhijamah.weebly.com/

ttp://dokterindonesiaonline.com/2014/08/20/manfaat-terapi-bekam-menurut-perpektif-medis-dan-non-medis/

https://muslimafiyah.com/thibbun-nabawi-mubah-atau-sunnah.html



style="display:block"
data-ad-format="autorelaxed"
data-ad-client="ca-pub-7354097963829271"
data-ad-slot="6399230277">





Sumber aciknadzirah.blogspot.com