√ Rangkuman Bahan Diklat Implementasi Kurikulum 2013
Konten [Tampil]

- Bahwa Proses pembelajaran menyentuh tiga ranah, yaitu: sikap, pengetahuan, dan keterampilan dan hasil berguru melahirkan penerima didik yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi
- Ranah perilaku menggamit transformasi substansi atau materi bimbing semoga penerima didik “tahu mengapa”.
- Ranah keterampilan menggamit transformasi substansi atau materi bimbing semoga penerima didik “tahu bagaimana”.
- Ranah pengetahuan menggamit transformasi substansi atau materi bimbing semoga penerima didik “tahu apa.”
- Dimana hasil kesannya yakni peningkatan dan keseimbangan antara kemampuan untuk menjadi insan yang baik (soft skills) dan insan yang mempunyai kecakapan dan pengetahuan untuk hidup secara layak (hard skills) dari penerima didik yang mencakup aspek kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu memakai pendekatan ilmiah. Pendekatan ilmiah (scientific appoach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud mencakup mengamati, (Observing) menanya (Questioning), menalar (Associating) , mencoba (Experimenting) membentuk jejaring (Networking) untuk semua mata pelajaran.
Dengan demikian Implementasi Kurikulum 2013 disekolah SMA/SMK yang benar-benar murni memakai Kurikulum 2013 hanya 3 Mata Pelajaran yaitu Matematika, Sejarah Indonesia dan Bahasa Indonesia. Selain ke 3 Mata Pelajaran tersebut sekolah MASIH TETAP memakai KTSP namun dengan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) dan Integrasi Ke-3 Ranah..
Makara yang perlu serius digarap oleh sekolah kini ini baik yang menjadi sekolah target atau tidak, yakni mengubah paradigm guru untuk mengadopsi model pembelajaran menuju kearah penguatan sikap, ketrapilan dan pengetahuan yang terintegrasi dengan Scientific Approach terhadap mata pelajaran masing.-masing dengan mulai melaksanakan perubahan pada Silabus dan RPP yang ada di KTSP serta mengimplementasikan dalam pembelajaran di kelas.
Khusus untuk SMK, salah satu pola baku yang bisa digunakan pegangan dalam Implementasi Kurikulum 2013 yakni Permendikbud 70/2013 perihal Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMK/MA Kejuruan. Pada Permen ini tertuang mata pelajaran dari Kelompok A, B dan C (C1). Masalah mulai timbul, alasannya yakni beberapa sekolah sudah harus menyusul Jadwal Pelajaran 1 Tahun, sedangkan Kelomok C2 dan C3 belum ada tertulis matapelajaran apa yang harus diajarkan. Untuk diketahui Kelompok C (Peminatan) berisi C1 (Kelompok Mata Pelajaran Dasar Bidang Keahlian), C2 (Kelompok Mata Pelajaran Dasar Program Keahlian) dan C3 (Kelompok Mata Pelajaran Paket Keahlian). Khusus Kelompok C2 dan C3 akan ditetapkan oleh Direjn Pendidikan Menengah.
Ada beberapa pendekatan yang sanggup digunakan untuk menjadi solusi dalam menyikapi belum keluarnya ketetapan untuk C2 dan C3, dari hasil diklat Implementasi Kurikulum 2013, beberapa penemuan diberikan oleh narasumber diantaranya, pertama sepanjang C2 dan C3 belum ditetapkan maka sekolah sanggup mengisinya dengan memakai matapelajaran produktif dari KTSP, dan yang kedua yakni memperlihatkan draft struktur yang memang belum ditetapkan untuk sanggup digunakan sebagai pola penyusunan. Kedua solusi itu cantik untuk mempercepat penyusunan kegiatan namun mubasir dan melelahkan (terutama perdebatan yang timbul ketika penyusunan di tingkat sekolah). Contohnya untuk solusi kedua, dimana dinamikan yang timbul dari penentuan C2, kini ini telah ada penambahan mata pelajaran Simulasi Digital 3 jam/minggu untuk klas X, sehingga draft yang ada juga tidak bisa digunakan secara niscaya sebelum ditetapkan oleh Dirjen Pendidikan Menengah.
Alternatif yang terbaik yakni menuggu ketetapan yang akan dikeluarkan, alasannya yakni proses penyusunan hingga dengan silabus telah dilaksanakan di P4TK dan kini ini tinggal finalisasi di Direktorat PSMK. Sedangkan untuk menyiasati penyusunan jadwal, maka C3 tidak perlu dibentuk dulu, alasannya yakni matapelajaran ini akan diajarkan Kelas XI, sedangkan C2 dari 48 Jam yang diamanatkan, 30 jam telah ada ditetapkan mapelnya sesuai dengan Pemendikbud 70/2013, tinggal 18 jam yang belum, dimana dengan memakai sistem blok 18 jam ini mungkin bisa diletakan di semester genap (semester 2). Untuk materi selain 3 mapel (bahasa indonesia, sejarah indonesia dan metematika), materinya belum disusun dan ditetapkan oleh kemendikbud, maka materi masih memakai KTSP dengan perubahan paradigma pada model pembelajarannya yaitu Integrasi 3 ranah dan Scientific Approach.
Berikut Power Point Untuk Pendalaman Immplentasi Kurikulum 2013
No. | Kelompok | Mata Pelajaran | Materi | Unduh |
1. | Umum | Umum | Perubahan Mindeset ( Rhenald Kasali) | Unduh |
2. | Umum | Umum | Perubahan Minset | Unduh |
3. | Umum | Umum | Rasional Kurikulum 2013 | Unduh |
4. | Umum | Umum | Elemen Perubahan Kurikulum 2013 | Unduh |
5. | Umum | Umum | SKL KI-KD | Unduh |
6. | Umum | Umum | Strategi Implementasi Kurikulum | Unduh |
7. | Umum | Umum | Konsep Pendekatan Scientific | Unduh |
8. | Umum | Umum | Project Base Learning | Unduh |
9. | Umum | Umum | Problem Base Learning | Unduh |
10. | Umum | Umum | Discovery Learning | Unduh |
11. | Umum | Umum | Konsep Penilaian Autentik pada Proses dan Hasi | Unduh |
12. | Umum | Umum | Anaslisi Buku Guru dan Siswa Mapel | Unduh |
13. | Umum | Umum | Analisis Buku Guru dan Siswa Tematik | Unduh |
14. | Umum | Umum | Rambu Rambu Penyusunan RPP | Unduh |
15. | Umum | Umum | Rambu-Rambu Penyusunan RPP Tematik | Unduh |
16. | Umum | Umum | Panduan Tugas Telah RPP | Unduh |
17. | Umum | Umum | Panduan Tugas Analisis Rancangan Penilaian | Unduh |
18. | Umum | Umum | Strategi Pengamatan Tayangan Video | Unduh |
19. | Umum | Umum | Praktik Pembelajaran malalui peer Teaching | Unduh |
20. | SD | Tematik | Konsep Pembelajaran Tematik Terpadu | Unduh |
21. | SD | Tematik | Implementasi Tematik Terpadu | Unduh |
22. | SD | Tematik | Contoh Implmentasi Pendekatan Scientific | Unduh |
23. | SD | Tematik | Analisis Buku Guru dan Siswa Tematik | Unduh |
24. | SD | Tematik | Rambu-Rambu Penyusunan RPP Tematik | Unduh |
25. | SMP | Bahasa Indonesia | Contoh Pendekatan Scientific Bahasa Indonesia | Unduh |
26. | SMP | Bahasa Indonesia | Contoh Penilaian Autentik Bahasa Indonesia | Unduh |
27. | SMP | Bahasa Indonesia | Konsep Pendekatan Scientific | Unduh |
28. | SMP | Bahasa Inggris | Konsep Pendekatan Scientific | Unduh |
29. | SMP | Bahasa Inggris | Konsep Penerapan Scientific | Unduh |
30. | SMP | Bahasa Inggris | Konsep Penilaian Autentik | Unduh |
31. | SMP | Bahasa Inggris | Contoh Penerapan | Unduh |
32. | SMP | IPA | Konsep Pembelajaran IPA Terpadu | Unduh |
33. | SMP | IPA | Peneapan Pendekatan Scientific | Unduh |
34. | SMP | IPA | Conoth Penerapan Penilaian Autentik | Unduh |
35. | SMP | IPS | Konsep IPS Terpadu | Unduh |
36. | SMP | IPS | Contoh Pendekatan Scientific | Unduh |
37. | SMP | IPS | Contoh Penilaian Autentik | Unduh |
38. | SMP | Penjasorkes | Contoh Pendekatan Scientific | Unduh |
39. | SMP | Penjasorkes | Contoh Penilaian Terpadu | Unduh |
40. | SMP | PPKN | Contoh Penilaian Autentik | Unduh |
41. | SMP | PPKN | Contoh Pendekatan Scientific | Unduh |
42. | SMP | Prakarya | Contoh Penilaian Autentik | Unduh |
43. | SMP | Prakarya | Contoh Pendekatan Scientific | Unduh |
44. | SMP | Seni Budaya | Contoh Penilaian Autentik | Unduh |
45. | SMP | Seni Budaya | Contoh Pendekatan Scientific | Unduh |
46. | SMA | Bahasa Indonesia | Contoh Penilaian Autentik | Unduh |
47. | SMA | Bahasa Indonesia | Contoh Pendekatan Scientific | Unduh |
48. | SMA | Matematika | Contoh Penilaian Autentik | Unduh |
49. | SMA | Matematika | Contoh Pendekatan Scientific | Unduh |
50. | SMA | Sejarah | Contoh Penilaian Autentik | Unduh |
51. | SMA | Sejarah | Contoh Pendekatan Scientific | Unduh |
Sumber http://mtsmafaljpr.blogspot.com