Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Konsep Dan Ciri-Ciri Konsep Beserta Fungsinya

Konten [Tampil]

Pengertian Konsep Dan Ciri-Ciri Konsep Beserta Fungsinya – Untuk kali ini kita akan mulai membahas mengenai konsep dan juga ciri-ciri beserta fungsinya. Apa itu konsep ? niscaya kita sudah sering mendengar kalimat konsep, tetapi bahwasanya kita belum mengetahui arti yang sesungguhnya.


Sekarang kita akan mencari tahu arti yang sesungguhnya mengenai konsep jadi kita sanggup mengerti arti yang bahwasanya sehingga kita tidak salah dalam mengartikan sebuah konsep. Didalam sebuah rencana kita juga membutuhkan sebuah konsep jikalau konsep tidak benar maka rencana yang dibuatpun akan rusak. Maka mari eksklusif saja kita mulai pembahasannya mengenai arti konsep yang sebenarnya.



Pengertian Konsep


Konsep yaitu istilah yang sanggup dipakai untuk menggambarkan secara aneh dari suatu objek untuk tujuan mengklasifikasikan ataupun mengkategorikan suatu kelompok dari suatu benda serta gagasan ataupun peristiwa. Konsep juga sanggup menyatukan sejumlah benda menyerupai gagasan, insiden maupun fenomena menjadi satu kesatuan. Sehingga dengan sebuah konsep sanggup menyebutkan beberapa benda, gagasan, serta insiden ataupun fenomena dengan lebih simpel.


Ada beberapa pengertian dari konsep berdasarkan para andal diantaranya.


1. Menurut Soedjadi


konsep yaitu wangsit aneh yang sanggup dipakai untuk mengadakan pembagian terstruktur mengenai ataupun penggolongan yang pada umumnya dinyatakan dengan suatu istilah maupun rangkaian kata.


2. Menurut Bahri


konsep yaitu satuan dari arti yang sanggup mewakili sejumlah objek yang mempunyai ciri yang sama.


Ciri-Ciri Konsep


Di dalam sebuah konsep mempunyai beberapa ciri-cir, apa saja ciri-ciri dari konsep mari sama-sama kita melanjutkan pembahasan mengenai konsep.



  1. Konsep itu mempunyai sifat aneh dan merupakan citra mental perihal benda, insiden ataupun kegiatan.

  2. Konsep yaitu kumpulan dari benda-benda yang mempunyai karakteristik ataupun kualitas secara umum. Kaprikornus yang ada di dalam konsep terdapat beberapa hal yang sanggup di satukan.

  3. Konsep mempunyai sifat personal, pemahaman orang mengenai konsep “kelompok” misalkan mungkin berbeda dengan pemahaman orang lainnya.

  4. Konsep dipelajari melalui sebuah pengalaman dengan belajar.

  5. Konsep bukanlah problem arti dari sebuah kata menyerupai yang ada di dalam kamus, kamus sendiri mempunyai makana lain yang lebih luas.


 Untuk kali ini kita akan mulai membahas mengenai konsep dan juga ciri Pengertian Konsep Dan Ciri-Ciri Konsep Beserta Fungsinya


Fungsi Dari Konsep


Di dalam sebuah konsep terdapat fungsi di dalamnya, untuk mengetahui apa saja fungsi dari konsep mari sama-sama kita melanjutkan pembahasan mengenai konsep ini.



  1. Fungsi Kognitif

  2. Fungsi Evaluatif

  3. Fungsi Operasional

  4. Fungsi Komunikasi


Itu saja klarifikasi yang sanggup di berikan mengenai Pengertian Konsep Dan Ciri-Ciri Konsep Beserta Fungsinya, konsep merupakan suatu yang sanggup menggambarkan secara aneh suatu objek dengan tujuan untuk mengklasifikasikan atau juga mengkategorikan suatu kelompok menjadi suatu gagasan ataupun peristiwa, supaya bermanfaat 🙂



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id