Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Komunikasi Daring | Jenis, Fungsi, Manfaat Dan Misalnya [Lengkap]

Konten [Tampil]

Komunikasi Daring – Di artikel lain telah dibahas mengenai pengertian komunikasi secara umum beserta jenis-jenisnya yang beragam. Baik itu menurut tujuan, ruang lingkup maupun media yang digunakan.


Zaman berganti zaman, dari dulu yang namanya komunikasi itu mutlak diharapkan oleh setiap manusia. Peranannya begitu penting guna terjadi interaksi di antara para individu insan yang merupakan makhluk sosial. Mereka perlu berkomunikasi dengan sesamanya guna memenuhi kebutuhan hidup.


Dan kabar baiknya, dengan semakin berkembangnya teknologi, cara berkomunikasipun menjadi sedemikian simpel untuk dilakukan. Salah satunya yakni dengan memanfaatkan media daring, sehingga muncullah istilah komunikasi daring.


Pengertian Komunikasi Daring


 Di artikel lain telah dibahas mengenai  √ Pengertian Komunikasi Daring | Jenis, Fungsi, Manfaat dan Contohnya [Lengkap]
Pixabay.com

Guna sanggup mengerti perihal pengertian komunikasi daring, perlu kita jabarkan satu persatu. Frasa atau istilah tersebut dibuat dari dua kata, yaitu komunikasi dan daring.


Pertama, Komunikasi sebagaimana telah diketahui merupakan cara berinteraksi di antara para individu. Yang mana di situ terjadi proses penyampaian gosip dari komunikator (pengirim) kepada komunikan (penerima informasi).


Cara penyampaiannya yakni sanggup dengan bermacam-macam cara. Baik secara lisan, goresan pena maupun isyarat. Juga media yang dipakai sanggup bermacam-macam. Contohnya yang paling sederhana yakni menggunakan tanda atau simbol bermakna tertentu. Intinya pesan yang ingin dikomunikasikan sanggup hingga dan terjadi saling interaksi di situ. Sehingga tujuan yang diinginkan sanggup tercapai.


Kedua, yaitu Daring. Apa itu Daring? Istilah ini sebetulnya merupakan abreviasi dari frasa ‘Dalam Jaringan’ atau kalau dalam bahasa Inggris disebut ‘online’. Dan sering disebut juga dengan istilah dunia maya. Secara sederhananya dalam koneksi internet.


Ya belakangan ini, sehabis semakin berkembangnya internet khususnya di Indonesia. Banyak kita temui istilah-istilah lokal gres yang mungkin sebelumnya belum pernah terdengar. Salah satunya ya ‘daring’ ini. Walau memang kebanyakan orang lebih nyaman dengan istilah online ketimbang daring. Oke itu tidak terlalu penting.


Antonim dari daring yakni luring (luar jaringan) yang kalau dalam istilah english berarti offline. Artinya sedang tidak terkoneksi dalam internet. Seperti itu kira-kira.


Jadi dari pemaparan di atas, sanggup kita tarik kesimpulan:


Komunikasi daring yakni bentuk komunikasi dalam jaringan dengan menggunakan media daring ( online).


Istilah komunikasi daring ini merujuk pada acara menulis, membaca, berbicara dan bentuk komunikasi lainnya dalam jaringan internet / komputer (Warxhauer, M. 2001)


Jenis Komunikasi Dalam Jaringan (Daring)


 Di artikel lain telah dibahas mengenai  √ Pengertian Komunikasi Daring | Jenis, Fungsi, Manfaat dan Contohnya [Lengkap]
Pixabay.com

Perlu diakui memang bahwa di masa milenial kini, komunikasi di dunia maya memang menjadi primadona yang sangat digemari. Baik itu oleh orag renta maupun yang masih muda pada khususnya. Tidak ayal memang sebab komunikasi jenis ini punya banyak sekali kelebihan yang memanjakan.


Mudah dalam pemakaian dan juga beragamnya fitur yang sanggup digunakan. Sehingga komunikasi sanggup berjalan lebih interaktif dan realistis walau kedua pihak berada di daerah jauh terpisah samudera dan benua sekalipun.


Untuk itu ada banyak sekali jenis jenis komunikasi online yang tampaknya sudah dekat di kehidupan masa internet kini ini. Khususnya di kalangan anak muda. Baik, mari kita bahas perihal jenis – jenisnya secara kaidah ilmu pengetahuan.


Secara umum menurut cara kerjanya, terbagi menjadi dua (2). yaitu antara lain:


1. Komunikasi Daring Sinkron (Realtime)


Adalah komunikasi secara online dengan cara kerja yang lebih interaktif. Media dan alat yang dipakai memungkinkan orang sanggup berkomunikasi secara lebih realtime. Artinya ketika itu juga ia memberikan pesasn, ketika itu pula ia mendapatkan akhir dalam selang waktu yang tidak terlalu lama.


Contoh dari komunikasi sinkron ini yakni melalui pesan messenger atau chat. Dan terjadi antara dua orang atau lebih yang sedang sama-sama online (dalam jaringan).


Contoh :



  • Chat Messenger WA, BBM, LINE, dll – Komunikasi melalui pesan teks

  • Video Call via Aplikasi, Skype, atau Google Hangouts – Komunikasi secara ekspresi pribadi melalui media video

  • Komunikasi sinkron via telepon by data – Komunikasi via bunyi dengan memanfaatkan jaringan internet, bukan by pulsa. Cotohnya ibarat WA Call, Voice Note, dll.


2. Komunikasi Daring Asinkron


Adapun walaupun jenis yang kedua ini berjulukan asinkron, seakan ibarat kebalikan dari komunikasi sinkron. Padahal tidak juga ibarat itu pengertiannya.


Komunikasi Asinkron di sini berarti komunikasi menggunakan perangkat yang mendukung internet yang berjalan secara lebih delay (tertunda). Artinya kadang akhir dari gosip yang kita sampaikan tidak pribadi didapat dalam waktu realtime. Contohnya mengirim email, menulis di lembaga dan juga memposting artikel di blog misalkan.


Walaupun untuk beberapa masalah juga tidak harus selalu tunda. Artinya kalau peserta pesan memang juga sedang dalam keadaan dalam jaringan. Sehingga sanggup pribadi memabalas, sanggup saja komunikasi jenis ini juga termasuk komunikasi sinkron. Makara pembedanya hanya pada tertunda atau tidaknya, bukan pada media yang digunakan.


Contoh:



  • Komunikasi asinkron video Youtube

  • Menulis dan mengemukakan via blogpost

  • Membuat topik pembicaraan di Forum

  • Saling bekririm pesan via email


Komponen Komunikasi Daring


 Di artikel lain telah dibahas mengenai  √ Pengertian Komunikasi Daring | Jenis, Fungsi, Manfaat dan Contohnya [Lengkap]
Pixabay.com

Komunikasi daring ini berkaitan dengan dengan alat danmedia yang digunakan. Dengan nyawanya ada pada internet atau koneksi. Namun percuma saja kalau ada kanal untuk internet, tapi tidak ada media atau alat pendukung lainnya.


Untuk itu supaya komunikasi dalam jaring sanggup berjalan, maka setidaknya harus tersedia 3 komponen pendukung berikut ini.



  • Hardware (perangkat keras yang dipakai dalam komunikasi)

  • Software (media atau aplikasi yang mendukung terjadinya komunikasi)

  • Brainware (dua orang atau lebih yang saling berkomunikasi dan terkoneksi dalam jaringan)


Tujuan Komunikasi Daring


 Di artikel lain telah dibahas mengenai  √ Pengertian Komunikasi Daring | Jenis, Fungsi, Manfaat dan Contohnya [Lengkap]
Pixabay.com

Tujuan yakni hal yang akan atau ingin dicapai. Ada banyak motif dan tujuan orang dalam berselancar di internet. Yang pada pada dasarnya bermuara pada satu tujuan yaitu mencari tahu sesuatu. Barangkali sudah jadi kebiasaan sehari-hari, ketika galau atau tidak tahu cara melaksanakan sesuatu. Kemudian kita pribadi ambil smartphone untuk kemudian browsing untuk menemukan jawabannya.


Begitu pula dengan komunikasi via online yang dilakukan, tentu ada tujuannya. Baik itu ditinjau dari segi pengguna, maupun dari media atau alat yang digunakan. Apa saja tujuan komunikasi daring, berikut yakni beberapa di antaranya.



  1. Tersampaikannya pesan secara cepat, bahkan realtime

  2. Waktu menjadi sedemikan efektif dan efisien

  3. Menghemat anggaran pribadi, biaya sanggup ditekan guna sanggup berkomunikasi dengan orang jauh melalui media daring

  4. Pengelolaan data menjadi lebih mudah

  5. Bisa mengendalikan data dari jarak jauh

  6. Kontrol pekerjaan atau tim

  7. Meningkatnya intensitas komunikasi

  8. Menambah wawasan dan pengetahuan perihal insiden terkini


Fungsi Komunikasi Daring


 Di artikel lain telah dibahas mengenai  √ Pengertian Komunikasi Daring | Jenis, Fungsi, Manfaat dan Contohnya [Lengkap]
Pixabay.com

Adapun fungsi yakni kegunaan yang dirasakan. Dan barangkali sudah terbayang di benak Anda perihal fungsi dari komunikasi lewat dunia maya ini. Yang mana sanggup sangat membantu interaksi dengan lebih mudah, dan lain sebagainya.


Berikut yakni beberapa fungsi lainnya:



  1. Media informasi: Sebagai media gosip yang realtime. Kita bsia tahu apa saja secara cepat.

  2. Sarana memperlihatkan motivasi : sanggup meningkatkan semangat diri maupun tim

  3. Penghemat waktu, tenaga dan biaya : Tanpa harus bertatap muka, kita sanggup memberikan gosip pada orang lain. Waktu dan tenaga jadi efektif. Biayapun sanggup ditekan

  4. Komunikasi tidak terbatas ruang : Dapat dilakukan dimana saja selama ada jaringan internet.

  5. Intensitas :  kita sanggup lebih sering berkomunikasi tanpa harus khawatir duduk kasus jarak, waktu maupun biaya. Lebih sering berkomunikasi guna membangun kedekatan dan produktivitas kerja.

  6. Media sosialisasi : Berkomunikasi dengan lebih banyak orang dan menambah teman dengan interaksi di media sosial

  7. Partisipasi : kita juga sanggup turut memperlihatkan tugas / andil  dalam suatu hal. Secara lebih efisien dan efektif pastinya.

  8. Media Pengekspresian gagasan : Menyalurkan ilham dan gagasan dengan media daring menjadi sedemikian mudah. Jangkauan pun sanggup lebih luas dalam waktu yang hanya sebentar.

  9. Fungsi untuk negara : Komunikasi melalui media daring sanggup sangat membantu urusan ketatanegaraan. Pesan-pesan penting dari pemerintah sanggup dengan simpel diserap oleh rakyat

  10. Fungsi lainnya yang turut mendukung interaksi dalam kehidupan.


Manfaat Komunikasi Daring


Manfaat merupakan hasil yang dicapai dari fungsi dan tujuan yang ditetapkan. Berikuta dalah beberpa manfaat komunikasi dalam jaringan yang sanggup kita rasakan.



  1. Semakin mudahnya berkomunikasi dengan orang lain

  2. Biaya komunikasi kini sanggup lebih ditekan. Ketimbang berkomunikasi by telepon pulsa, kini kebanyakan menggunakan media daring yang lebih dirasa hemat.

  3. Beragam transaksi e-commerce sanggup dengan simpel kini ditemui. Jual beli jadi lebih simpel dilakukan.

  4. Riset gosip menjadi sedemikian mudahnya. Tidak ibarat dulu yang mau tidak mau harus baca di buku atau koran.

  5. Sebagai media entertainment yang interaktif

  6. dan banyak lagi manfaat lainnya yang sanggup kita rasakan dari komunikasi daring.


Kekurangan Komunikasi Online (Daring)


 Di artikel lain telah dibahas mengenai  √ Pengertian Komunikasi Daring | Jenis, Fungsi, Manfaat dan Contohnya [Lengkap]
Pixabay.com

Melihat klarifikasi panjang lebar di atas, kita tahu bahwa komunikasi daring ini begitu banyak manfaatnya. Sehingga barangkali yang ada di bayangan kita hanya kelebihannya saja yang terpikir. Mulai dari fasilitas berkomunikasi, efisiensi waktu, tenaga dan biaya, intensitas komunikasi dan juga yang lainnya.


Namun setiap hal juga niscaya punya kekurangan atau kelemahan. Berikut yakni beberapa di antaranya.



  • Dibutuhkannya perangkat khusus yang memadai


Ya untuk melaksanakan komunikasi online, tentu diharapkan alat dan perangkat, baik itu perangkat keras (komputer, smartphone). Dan juga perangkat lunaknya (program, aplikasi dan juga layanan internet) yang mendukung. Tanpa memilikinya, komunikasi tidak akan sanggup dilakukan.



  • Kurang mewakili emosi pengguna


Tidak ibarat komunikasi secara langsung, emosi dan perasaan dari seseorang terkadang kurang sanggup tersampaikan dengan terperinci menggunakan komunikasi daring. Khususnya dalam komunikasi sinkron via text chat. Tidak adanya ekspresi wajah, intonasi bicara untuk beberapa masalah sanggup jadi duduk kasus sebab pesannya disalah artikan.



  • Terkadang menimbulkan distraksi (gangguan)


Begitu mudahnya komunikasi dilakukan, terkadang juga tidak selalu cantik dampaknya. Banyak pesan yang tidak berkhasiat muncul berdatangan, semisal dalam group chat. Tanpa disadari, hal tersebut sangat distraktif (mengganggu), efeknya kita sanggup kehilangan fokus yang sanggup saja menimbulkan stress, dan dampak lainnya.



  • Bisa menurunkan produktivitas


Sejalan dengan hal di atas, kekurangan lainnya dari komunikasi daring yakni produktivitas yang tidak meningkat. Karena banyak gangguan dan dan fokus yang tersita pada hal-hal yang sebetulnya tidak perlu untuk dipikirkan. Kemudahan dalam berkomunikasi lewat jaringan online kadang menciptakan pengguna yang kurang bijak. Makara sedikit hirau tak hirau dengan lingkungan sekitar, tidak menyegerakan pekerjaan, dan produktivitas pun tak kunjung naik.


Kesimpulan


Baiklah itu ia tadi klarifikasi yang membahas perihal komunikasi daring atau komunikasi dalam jaringan (online). Lengkap disertai dengan aneka macam elemen yang menyertainya. Dari mulai pengertian, jenis, tujuan, manfaat dan fungsinya


Sekarang kita merupakan generasi yang hidup di masa milenial. Tentu kita akan sangat dekat dengan komunikasi di dunia maya ibarat ini. Tapi satu yang harus diperhatikan yakni untuk tetap bijak dalam penggunaannya. Jangan hingga sebab keberadaannya malah mengurangi interkasi komunikasi kita secara pribadi dengan orang lain. itu malah justru tidak baik. Dengan begitu, dampak kurang kasatmata penggunaannya sanggup lebih diminimalisir.


Sekian barangkali artikel ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.



Sumber https://inspirilo.com