Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Jenis-Jenis Buah Duku Yang Terkenal Di Indonesia

Konten [Tampil]

Kabartani.com – Di Indonesia, hingga ketika ini dikenal banyak jenis duku komersial. Keanekaragaman jenis duku tersebut antara lain disebabkan oleh bibit yang berasal dari biji (generatif), iklim dan lingkungan tempat tumbuhnya yang berbeda antara satu kawasan dengan kawasan lainnya. Demikian juga cara perawatannya sanggup mempengaruhi kualitas buah duku.





Pada umumnya, nama varietas duku yang dikenal di Indonesia menyiratkan kawasan asal duku tersebut, sehingga di pasaran dikenal ada duku Palembang, duku Condet, duku Matesih dan sebagainya.





Tidak semua jenis duku yang terdapat di Indonesia termasuk jenis unggul. Ada kriteria umum yang digunakan untuk menilai suatu jenis duku unggul. Secara umum ciri-ciri duku unggul antara lain ukuran buah relatif besar, warna kulit buah kuning langsat dan tidak bergetah, daging buah tebal, rasa manis, dan warna daging buah putih transparan (bening), serta bijinya jarang atau berukuran kecil. Berikut ini beberapa jenis duku komersial yang dikenal di Indonesia :





Duku Palembang/Komering





 hingga ketika ini dikenal banyak jenis duku komersial √ Jenis-jenis Buah Duku yang Populer di Indonesia
Duku Palembang/Komering




Duku Palembang merupakan salah satu jenis duku yang populer dikalangan masyarakat luas. Sesuai namanya, jenis duku ini memang dihasilkan dari kawasan Sumatera Selatan yang beribukota Palembang. Di kawasan ini, tanaman duku banyak tersebar di Kabupaten Lahat, Musi Banyuasin, Musi Rawas, dan Bangka.





Sentra terluas dan yang terbaik jenisnya berasal dari kawasan Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu, dan Muara Enim. Karenanya, duku Palembang sering juga disebut duku Komering. Duku Palembang diakui sebagai salah satu jenis duku unggul dan sangat disukai konsumen.





Ciri-ciri fisik duku Palembang diantaranya yaitu kulit buah tipis, warna daging buah bening, rasa anggun dan hampir tidak berbiji. Dari 10-15 buah hanya satu buah yang mengandung biji, itupun ukurannya relatif kecil. Pada umumnya tanaman duku yang gres mulai berbuah, produksinya rata-rata sekitar 12 kg/pohon/tahun, sedangkan yang sudah bakir balig cukup akal sanggup mencapai 8-9 kw/pohon/tahun.





Duku Condet





 hingga ketika ini dikenal banyak jenis duku komersial √ Jenis-jenis Buah Duku yang Populer di Indonesia
Duku Condet




Duku Condet merupakan salah satu jenis duku unggul yang berasal dari kawasan sekitar Condet, DKI Jakarta. Walaupun jenis duku Condet ini termasuk jenis duku unggul, namun kualitasnya masih kalah dengan duku Palembang.





Ciri-ciri duku Condet ialah : ukuran buah sedikit lebih kecil dari ukuran duku Palembang, daging buah sedikit lebih kecil dari duku Palembang, daging buah rasanya anggun dan berwarna putih jernih/bening, kulit buah tipis, biji berukuran kecil. Persentase buah yang sanggup dimakan pada buah duku Condet hanya berkisar antara 52,46-64,09%, sedangkan duku Palembang mencapai 64,28-77,28%.





Duku Matesih





 hingga ketika ini dikenal banyak jenis duku komersial √ Jenis-jenis Buah Duku yang Populer di Indonesia
Duku Matesih




Duku Matesih banyak dihasilkan di Kecamatan Matesih terutama di desa Plosorejo, Koripan, Karang Bangun, Dawung dan Desa Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah. Ukuran buah duku Matesih sedikit lebih kecil dibandingkan dengan duku Palembang.





Simak juga : Langkah Budidaya Buah Duku





Kulit buahnya selain tipis juga tampak lebih jelas warnanya. Rasa daging buah manis, warna daging buah putih dan kesat. Bijinya tidak jauh berbeda dengan duku Palembang. Duku Matesih yang berumur kurang lebih 15 tahun bisa menghasilkan kurang lebih 1 kuintal buah.





Sumber : Lukitariati Sadwiyanti (Balitbu, 2009)



Sumber https://kabartani.com