Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ 25+ Pengertian Komunikasi Secara Umum Dan Berdasarkan Para Ahli

Konten [Tampil]

Pengertian komunikasi – Kita tentu mengenal apa itu komunikasi. Sebuah kata yang tentu tidak gila di indera pendengaran maupun ucapan. Komunikasi secara umum merupakan kegiatan dalam bekerjasama antara insan yang satu dan yang lainnya dengan maksud dan tujuan tertentu.


Komunikasi sanggup dalam bentuk ucapan ekspresi dengan cara bicara eksklusif atau sanggup juga melalui media goresan pena menyerupai surat atau memo. Dan mungkin untuk di abad digital kini ini, komunikasi juga sangat mungkin dilakukan memakai alat atau media elektronik dan internet, sehingga kemudian kita akan mengenal istilah komunikasi daring (dalam jaringan). Beberapa media yang sering kita temui cerdik balig cukup akal ini antara lain menyerupai telepon, SMS, Chat Messenger, Video Call, dll.


Adapun sebenarnya ada lagi bentuk komunikasi yang tidak sanggup kita kesampingkan. Yakni komunikasi dengan media Isyarat. Kita mengenalnya dengan istilah bahasa Isyarat. Ada isyarat-isyarat untuk mengekspresikan sebuah perasaan atau respon terhadap suatu hal. Contohnya eperti mengangguk tanda mengiyakan, menggelengkan kepala tanda tidak setuju, mengernyitkan dahi tanda keheranan, dan lain sebagainya.


Ada juga bahasa kode yang memang diperuntukkan bagi mereka yang mempunyai keterbatasan, menyerupai tuna rungu dan tuna wicara. Mereka memakai bahasa kode yang lebih kompleks lagi dalam berkomunikasi dengan orang lain.


Pengertian Komunikasi


 Sebuah kata yang tentu tidak gila di indera pendengaran maupun ucapan √ 25+ Pengertian Komunikasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli
Pengertian Komunikasi – Source: Pixabay.com

Apa itu komunikasi? Dalam bahasa Inggris, komunikasi ditulis communication, yang secara sederhana sanggup diartikan sebagai cara berhubungan. Dikutip dari dictionary.com, komunikasi artinya kegiatan yang menanamkan atau mengubah pikiran, opini, atau informasi melalui ucapan, tulisan, atau isyarat.


Adapun kalau ditelusuri lebih lanjut, istilah komunikasi sendiri bersumber dari bahasa latin, “Communis” yang mempunyai makna “sama”; dan ‘Communicatio’ yang sanggup diartikan ‘menjadikan sama’. Sehingga secara harfiah sanggup diartikan bahwa komunikasi itu ialah proses perjuangan untuk membentuk pemahaman dan pengertian yang sama antara pihak yang satu dengan yang lainnya. Dengan begitu akan tercipta kesamaan visi dan pedoman untuk mencapai tujuan-tujuan kedepannya.


Oke mari kita teliti lebih dalam wacana pengerian komunikasi. Akan kita bagi dalam dua chapter, yakni pengertian secara umum dan juga berdasarkan para ahli.


Pengertian komunikasi Secara Umum


 Sebuah kata yang tentu tidak gila di indera pendengaran maupun ucapan √ 25+ Pengertian Komunikasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli
Pengertian Komunikasi – Source: Pixabay.com

Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), diketahui bekerjsama komunikasi  /ko·mu·ni·ka·si/ (n) ialah pengiriman dan penerimaan pesan atau isu dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud sanggup dipahami.


Dan berkomunikasi artinya mengadakan komunikasi atau hubungan.


Dapat pula kita klasifikasikan bentuk komunikasi secara umum ini dalam setidaknya 4 jenis.



  • komunikasi dua arah : dua orang (komunikator dan komunikan) saling memperlihatkan informasi secara bergantian.

  • komunikasi formal : bentuk komunikasi yang bersifat resmi, artinya ketepatan, kecepatan dan keringkasan penyampaian pesan sangat diperhitungkan di sini.

  • komunikasi massa: komunikasi dengan tugas serta suatu kelompok terentu (sosial) yang memperlihatkan pesan isu pada banyak orang (khalayak) yang tersebar di mana-mana dan heterogen atau majemuk karakternya.

  • komunikasi sosial: bentuk komunikasi sosial yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat.


Selain itu seorang pakar berjulukan William F. Glueck mengklasifikasikan komunikasi dalam dua jenis.



  • Interpersonal Communication : yaitu komunikasi yang terjadi antar personal yang satu dengan lainnya. Di mana terjadi prosese penyampaian dan pertukaran pesan, serta dukungan efek antara dua orang atau lebih di suatu kelompok masyarakat.

  • Organization Communication  (kelompok): ialah sebuah proses terjadinya perpindahan isu atau gagasan serta dukungan efek dari komunikator (penyampai pesan) pada kelompok lain dalam sebuah organisasi.


Jadi Komunikasi ialah sebuah proses atau kegiatan saling bertukar informasi (berita atau pesan) antara orang atau kelompok yang satu dan lainnya yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan tujuan dan maksud-maksud yang menyertainya.


Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli


 Sebuah kata yang tentu tidak gila di indera pendengaran maupun ucapan √ 25+ Pengertian Komunikasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli
Pengertian Komunikasi – Source: Pixabay.com

Berikut ialah beberapa pemaparan dari para jago wacana pengertian komunikasi. Apa itu komunikasi berdasarkan mereka, para pakar yang mempunyai dapat dipercaya mumpuni di bidangnya. Berikut ialah uraiannya.


1. Anderson


Komunikasi ialah sebuah proses penyampaian isu pesan yang dinamis yang secara konstan mengalami perubahan berdasarkan situasi tertentu di antara pelakunya.


2. Carl I. Hovland


Carl sendiri memperlihatkan definisi komunikasi yakni ialah proses terdiri dari komunikator (penyampai informasi) dan komunikan (penerima informasi). Proses tersebut memungkinkan komunikator untuk sanggup memberikan dan memperlihatkan rangsangan dengan tujuan atau maksud guna mengubah dan memperlihatkan efek pada orang lain, dalam hal ini komunikan.


3. BF Skinner


Komunikasi ialah sebuah tingkah laris yang berisfat verbal yang mana penyampai informasi atau pesan mengusahakan biar apa yang disampaikannya sanggup diserap oleh si peserta (lawan komunikasi).


4. Agus M. Hardjana, M.sc., ED


Pengertian komunikasi ialah sebuah acara penyampaian isu atau pesan dari seseorang pada yang lainnya dengan memakai media tertentu. Kemudian sehabis pesan tersebut diterima dan dipahami dengan baik, maka si peserta pesan juga kembali menanggapi apa yang ia terima kepada si pengirim pesan dengan mengguakan media tertentu pula.


5. Gode


Komunikai ialah proses kreasi atau mencipta sesuatu yang pada mulainya hanya dipunyai oleh satu orang saja untuk kemudian lantaran terjadi proses penyampaian, maka jadi dimiliki oleh lebih dari satu orang.


6. Wuryanano


Wuryanao dalam buku yang bertajuk “Super Mind for Successful Life” mendefinisikan komunikasi ialah bentuk keikutsertaan pribadi manusia, yang terdiri dari sikap, sikap dan cara bicara seseorang dalam menyampaikannya pada orang lain.


7. Aristoteles


Komunikasi ialah sarana yang dimiliki masyarakat untuk sanggup berinteraksi dan mempunyai tugas serta partisipasi dalam membuat proses dan budaya demokrasi.


8. James Stoner


Komunikasi merupakan suatu kegiatan dari seseorang yang dilakukan dengan maksud untuk memberikan gagasan atau informasi yang dimilikinya pada orang lain.


9. Sylvia & Stewart L. Tubbs


Mereka bertutur bekerjsama komunikasi berarti terjadinya proses perpindahan isu (pesan informasi) yang terjadi diantara dua orang atau lebih.


10. Everett M. Rogers


Komunikasi merupakan cara menyalurkan wangsit dengan diselingi maksud / tujuan ingin memperlihatkan pemahaman dan merubah teladan pikir si peserta wangsit (komunikan)


11, Djenamar SH


Beliau menjelaskan bahwa komunikasi itu seni. Seni dalam memperlihatkan dan memberikan informasi berisi gagasan, wangsit dan pesan lainnya untuk orang lain yang dirasa butuh untuk menerimanya.


12. Weaver dan Shannon


Komunikasi merupakan bentuk interaksi antara dua orang atau lebih yang sama-sama memperlihatkan efek terkait isi informasi yang disampaikan. Komunikasi banyak macamnya, tidak hanya dalam bentuk verbal tapi juga sanggup berupa isyarat, tulisan, bahasa badan dan lain sebagainya.


13. Steven


Steven memperlihatkan definisi komunikasi yakni sebagai sebuah reaksi dari satu individu atau kelompok organisme pada objek lainnya yang sanggup terjadi kapanpun. Adapun pemicunya sanggup dari diri individu tersebut maupun lingkungan daerah beliau tinggal.


14. Dr. Alo Liliweri


Komunikasi merupakan bentuk cara mengalihkan sebuah informasi dari sumber (komunikator) kepada orang / kelompok yang berperan sebagai peserta (komunikan). Dengan tujuan biar kedua belah pihak mengerti dan punya pemahaman yang sama terhadap objek atau duduk kasus yang disampaikan tersebut.


15. Gerald R. Miller


Beliau memperlihatkan definisi terkait komunikasi yakni sebuah siklus yang terjadi ketika seseorang memindahkan suatu isu atau pesan. Dengan dilandasi tujuan untuk memperlihatkan efek pada si penerima, baik efek sikap mapun pemikiran.


Nah itulah tadi beberapa definisi atau pengertian komunikasi berdasarkan para ahli. Secara umum sanggup kita tarik benang merah kesimpulan dari banyaknya pemaparan yang disampaikan para jago di atas. Yang mana intinya mengacu pada hal yang sama. Yaitu penyampaian informasi dari komunikator pada komunikan.


16. Achmad S Ruky


Komunikasi ialah sebuah proses atau kegiatan terjadinya perpindahan / pertukaran informasi. Informasi atau pesan ini sanggup berupa gagasan, ide, fakta ataupun yang lainnya – dari seseorang pada yang orang lain.


Untuk kemudian informasi tersebut dibutuhkan sanggup mengubah dan memperlihatkan pengaruh. Sehingga mengubah tingkah laris dan pedoman si peserta informasi


18. Anwar Arifin


Menurut Anwar Arifin, komunikasi ialah konsep yang kaya akan makna. Dalam aritan secara makna sosial, komunikasi sanggup diartikan sebagai proses interaksi yang erat kaitannya dengan acara antara manusia. Di mana terdapat unsur pesan dan dukungan efek pedoman juga perilaku.


19. Asep Aditya Barata


Definisi komunikasi berdasarkan Asep Aditya ialah proses yang di dalamnya terjadi penyampaian dan penerimaan informasi atau pesan di antara 2 orang / pihak atau lebih. Sebuah proses yang dibutuhkan berjalan efektif biar pesan yang dikirimkan sanggup dipahami dengan baik oleh si peserta pesan. Sehingga tujuan dan maksud dari komunikasi tersebut sanggup tercapai.


20. Barnlund


Pengertian komunikasi itu ialah sebuah proses yang terjadi oleh alasannya adanya impian dalam diri (kebutuhan) dari satu orang untuk meminimalisir keraguan. Untuk kemudian ia menyampaikannya pada orang lain.


21. Bernard Berelson


Bernard mendefinisikan komunikasi sebagai suatu aksi/perilaku perpindahan informasi, emosi, gagasan dan lainya. Proses pepindahan sanggup berupa ucapan lisan, simbol, gambar, kode dan lainnya.


Fungsi Komunikasi


 Sebuah kata yang tentu tidak gila di indera pendengaran maupun ucapan √ 25+ Pengertian Komunikasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli
Pengertian Komunikasi – Source: Pixabay.com

Seperti kita tahu, komunikasi sangat berfungsi dan mempunyai andil besar dalam kehidupan bermasyarakat. Tanpa komunikasi mustahil insan sanggup berkembang dan maju dalam aneka macam bidang. Sebagai embel-embel berikut juga kami lampirkan fungsi komunikasi secara umum yang sanggup kita telaah.



  • Sebagai media untuk memberikan pemikiran, perasaan, ide

  • Dengan komunikasi, kita sanggup berinterasi dengan sesama

  • Memberi dan mendapatkan informasi

  • Sebagai media untuk menambah pengetahuan dan wawasan

  • Sebagai media hiburan

  • Bisa mengaktualisasi diri

  • Penghilang rasa tegang dan cemas

  • Sarana mengisi waktu

  • Memberikan efek pada orang lain

  • Membangun kedekatan dan mencari relasi

  • Perwujudan bentuk ikatan antara satu orang dengan orang lain

  • Media pengendalian

  • Memberi dan mendapatkan motivasi

  • Memohon pertolongan


Penutup


Nah itulah tadi klarifikasi dan pemaparan lengkap wacana definisi atau pengertian komunikasi. Baik secara umum dan berdasarkan para pakar yang sudah jago di bidangnya. Setelah mengetahui wacana pengertiannyai, kau juga perlu mempelajari hal lainnya wacana komunikasi. Dari mulai fungsi dan tujuan komunikasi, syarat komunikasi, unsur-unsur komunikasi dan lainnya.


Semoga klarifikasi di artikel ini sanggup membantu. Dan juga menambah wawasan kepada Anda sekalian wacana definisi komunikasi dan segala hal yang menyertainya. Sekian dan terima kasih. Sampai jumpa di artikel Inspirilo berikutnya.



Sumber https://inspirilo.com