Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Present Perfect Tense Unik Dan Bikin Inget Terus

Konten [Tampil]

EnglishCoo – Pengertian Present Perfect Tense bisa dipahami sendiri. Jika di sekolah atau di kawasan kursus bahasa Inggris kau belum paham definisi, artikel ini pas banget untukmu. Bahkan kau juga mengenal fungsi Present Perfect Tense yang unik.


Tahu pengertian atau definisi, apa pentingnya sih? Mengapa setiap berguru hal baru, perlu tahu pengertian terlebih dahulu? Ah, definisi itu hal boring. Membosankan!


Eits, tunggu dulu…


Jangan melihat pengertian sebagai sesuatu kurang bermanfaat. Malah, seharusnya kau meluangkan lebih banyak waktu menelisik makna sebelum lanjut mempelajarinya. Memahami pengertian yakni langkah awal yang tepat untuk mengenal sebuah bahan tenses bahasa Inggris.


Memang terkadang klarifikasi yakni hal boring alias membosankan apabila disampaikan secara konvensional. Ya, cara penyampaian yang biasa. Misalnya pengertian diberikan dengan kalimat panjang dan berbelit-belit. Membacanya saja sudah pusing, gimana mau paham?


Nah, perlu cara lebih kreatif. Untuk paham pengertian Present Perfect Tense, kau nggak akan diberi kalimat panjang dalam bahasa Inggris. Tapi kau diajak berpikir kritis. Seperti apa? Yuk, mulai melangkah sehingga cepat mencapai puncak.


 


1. Pengertian Present Perfect Tense


 Pengertian Present Perfect Tense bisa dipahami sendiri √ Pengertian Present Perfect Tense Unik dan Bikin Inget Terus


Bagaimana cara cepat memahami pengertian Present Perfect Tense? Seperti dijelaskan di atas, memberi klarifikasi dengan kalimat panjang udah nggak jaman lagi. Apalagi hingga menghapal sebuah definisi bertele-tele. Oh, No!


Kita mulai dari makna kata penyusun. Present Perfect Tense yakni sebuah tense dibuat dari kata Present dan Perfect. Untuk tahu pengertian secara menyeluruh, kita perlu tahu makna masing-masing kata.


 

2. PENGERTIAN PRESENT

Masih ingatkah dirimu perihal Present? Apa yang terlintas di kepala ketika mendengar kata Present? Apakah ada kekerabatan antara Present Perfect dan Present Tense? Seperti apa kekerabatan mereka? Oke, cukup segitu dulu pertanyaannya. Sekarang bersiap menggali jawaban.


Kamu perlu tahu: Present Perfect Tense yakni bab dari Present Tense. Apa maksudnya?


Pertama-tama, ingat kembali bahwa Past untuk masa lalu, sedangkan Present untuk masa sekarang. Saya sering menyebutnya kekinian alasannya yakni memakai keterangan waktu hari ini, kini atau ketika ini. Ingat Present Tense dan kekiniannya.


Trus gimana dengan Present Perfect? Apa hubungannya dengan pengertian Present Perfect Tense? Hubungannya bersahabat banget. Karena ada kata “Present”, maka kita membahas acara yang masih ada kekerabatan dengan masa sekarang.


Sampai di sini, mesti simpan dulu pengertian Present alasannya yakni masih ada kata “Perfect”. Yap, perlu menggali makna kata tersebut. Setelah tahu makna keduanya, kita akan menerima kejelasan perihal Pengertian Present Perfect Tense. Apa ya arti Perfect?


Pahami bahan tenses lain dari pengertiannya. Pilih tenses yang ingin dipelajari:




 

3. PENGERTIAN PERFECT

Pernah mendengar kata Perfect? Jika iya, di mana mendengarnya? Menurut pendapatmu, apa maknanya? Mengapa orang mengatakannya?


Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, Perfect berarti sempurna, lengkap, utuh. Sering kali, Perfect dipakai sebagai ungkapan kebanggaan atas keberhasilan seseorang. Biasanya dari guru kepada siswa atau orang renta kepada anaknya. Mungkin kau pernah mengucapkan atau mendapatkan ungkapan kebanggaan ini? Perfect!


Apakah Present Perfect Tense berarti pola kalimat yang tepat atau ungkapan pujian? Oh, ternyata tidak, kawan. Nggak ada hubungannya dengan klarifikasi harfiah di atas. Jangan terkecoh dengan makna ataupun terjemahan dalam kamus Inggris-Indonesia ya.


Trus, gimana dong? Sebaiknya mencari akar katanya dulu. Perfect berasal dari bahasa Latin yaitu Perfectus, yang berarti finish, done, complete. Dalam bahasa Indonesia sama artinya selesai. Perkerjaan sudah tamat dilakukan.


Nah, kata Perfect memberi ciri selesai. Sehingga, pola ini dipakai untuk menyatakan acara yang sudah tamat dilakukan. Ingat perfect, ingat finish alias sudah selesai.


Setelah tahu makna Present dan Perfect, apa sudah ada bayangan menyerupai apa tense ini? Sebelum lanjut, kita cari tahu dulu mengapa sebuah kalimat dikatakan berpola Present Perfect Tense. Lanjut.


Pahami bahan tenses lain dari pengertiannya. Pilih tenses yang ingin dipelajari:




 

4. MENGAPA SEBUAH KALIMAT MENGGUNAKAN POLA PRESENT PERFECT TENSE

Pernah membaca teladan Present Perfect? Jika iya, apa masih ingat menyerupai apa kalimatnya? Coba baca ilustrasi berikut: Mareni ingin keluar beli makanan. Ia biasanya pergi pakai sepeda motor. Eh, si Mareni kini sedang bingung. Ia mencari kunci sepeda motornya. Ah, beliau telah kehilangan kunci.


Gimana bahasa Inggrisnya “Mareni telah kehilangan kunci”?


Jawabannya yakni Mareni has lost her key atau bisa juga She has lost her key.


 Pengertian Present Perfect Tense bisa dipahami sendiri √ Pengertian Present Perfect Tense Unik dan Bikin Inget Terus


Jika bisa memberi tanggapan yang sesuai, berarti kau telah mengenal tense ini. Juga tahu cara menggunakannya dalam kalimat bahasa Inggris. Jika belum, damai saja. Waktu masih berpihak kepadamu. Luangkan waktu sejenak membaca semoga lebih paham Present Perfect Tense.


Sekarang saatnya mencari tahu mengapa tanggapan itu pake Present Perfect Tense? Perhatikan ilustrasi di atas. Marheni telah kehilangan kunci sepeda motor; ia belum menemukannya; kini ia tidak bisa keluar rumah.


Bagaimana kalau kuncinya telah hilang kemarin? Bukankah harusnya memakai Past Tense?


Tak peduli kapan kuncinya hilang, yang terperinci ia gres menyadarinya sekarang. Akibatnya ia tidak bisa keluar rumah pakai sepeda motor hari ini. Peristiwa kehilangan sudah terjadi di masa lampau tapi masih ada kekerabatan / risikonya pada waktu sekarang. Oleh alasannya yakni itu, Present Perfect Tense digunakan.


Sampai sini, apa kau sudah paham? Yuk buat pengertian versimu sendiri.


 


5. Makara Pengertian Present Perfect Tense yakni ….


Apa sudah bisa mengisi titik-titik di atas dengan kata-katamu sendiri? Setelah membaca ilustrasi hilangnya kunci Mareni, apa kau menerima sedikit pencerahan perihal definisi Present Perfect Tense? Supaya lebih nempel di memori, sebaiknya bikin definisi versimu sendiri.


What is Present Perfect Tense?


Berikut pengertian Present Perfect Tense dalam bahasa Inggris versi EnglishCoo:

Present Perfect Tense is a combination of Present and Perfect (finished) aspects. It tells about a completed action which has a now-or-today result.


Jadi, pengertian secara umum tense ini dipakai untuk menyatakan acara yang sudah tamat dilakukan atau insiden sudah terjadi sebelumnya, tapi hasilnya tampak pada masa kini alias hari ini.


Itu yakni pengertian secara umum. Emang ada yang khusus? Ada! Mana? Lihat pada fungsi Present Perfect Tense berikutnya ya.


Ingin menambah kosakata dan menciptakan puisi Bahasa Inggris? Ingin paham penggunaan dan teladan kata gati (Pronoun)? Temukan bahan selengkapnya:




 


6. Pahami Pengertian Present Perfect Tense melalui Fungsi-Fungsinya


 Pengertian Present Perfect Tense bisa dipahami sendiri √ Pengertian Present Perfect Tense Unik dan Bikin Inget Terus


Apa itu fungsi? Buat apa tahu fungsi Present Perfect Tense? Mengetahui pengertian saja nggak cukup ya? Mengapa mesti tahu fungsinya juga?


Fungsi dan pengertian sangat bersahabat kaitannya. Ibaratnya sebuah benda. Jika mengetahui fungsi benda tersebut, kau bisa menggunakannya untuk mempermudah pekerjaan. Begitu pula fungsi tenses bahasa Inggris.


Mengetahui fungsi Present Perfect Tense, kau tahu kapan menggunakannya dalam berkomunikasi. Bisa menyusun kata dengan baik dan bisa menggunakannya dalam percakapan Bahasa Inggris. So, pengetahuan Bahasa Inggrismu semakin maknyus. Mau? Yuk lanjut pahami pengertian dengan membaca fungsi beserta teladan kalimatnya.


 

FUNGSI PERTAMA: menyatakan insiden / acara masa kemudian dan masih berlanjut hingga sekarang



  1. She has lived in Spain since 2010.

  2. Nadya hasn’t eaten anything since breakfast.

  3. My parents have married for twenty five years.


 

FUNGSI KEDUA: memberi info gres / insiden yang gres terjadi



  1. Ouch, I have cut my finger.

  2. There has been an accident near my house.

  3. Five boys have robbed a bank.


 

FUNGSI KETIGA: mengungkap hal yang terjadi berulang-ulang dalam kurun waktu tertentu hingga sekarang



  1. Susan has seen the film eight times.

  2. We have shopped here several times.

  3. They have joined Math competition frequently.


Ingin membaca lebih banyak teladan kalimat Present Perfect Tense? Jangan lewatkan artikel lengkap berikut Contoh Kalimat Present Perfect Tense Lengkap Positif Negatif Interogatif.


 

FUNGSI KEEMPAT: mengungkap hal yang gres tamat / gres saja terjadi (menggunakan “just”)



  1. I don’t want to eat because I have just had lunch.

  2. We have just bought a new car.

  3. She has just painted the wall.


 

FUNGSI KELIMA: memakai keterangan waktu ketika ini dan acara belum tamat ketika berbicara



  1. Have you had a holiday this year?

  2. Tom has worked hard this term.

  3. I haven’t seen Susan today.


 

FUNGSI KEENAM: memberi info lebih lanjut perihal waktu / hal yang spesifik (This is the first/second/best time…)



  1. This is the second time she has driven a car.

  2. This is the best chance you have ever got.

  3. He is the most handsome man I have ever met.


***


Pada dasarnya, ini merupakan perpaduan antara masa kemudian dan masa sekarang. Kamu bisa melihat buktinya dari keenam fungsi di atas. Sudah mulai paham pengertian Present Perfect Tense sesudah membaca fungsi beserta contohnya?


Pengen tahu lebih banyak perihal Present Perfect Tense? Nih, semua materinya ada di bawah ini. Tinggal klik bahan yang kau ingin pahami.






Sumber https://englishcoo.com