Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Sumber Daya Alam, Jenisnya, Contohnya, Dan Pemanfaatannya Di Sekitar Kita

Konten [Tampil]

Memahami pengertian sumber daya alam, jenisnya, misalnya dan bermacam-macam pemanfaatannya yang ada di sekitar kita. Semua makhluk hidup di bumi tentunya membutuhkan sumber daya alam untuk kelangsungan hidupnya, terutama manusia. Untuk itu mari kita pahami bahu-membahu ihwal sumber daya alam secara lebih terperinci di pembahasan kali ini.


A. Apa itu Sumber Daya Alam?


SDA (Sumber Daya Alam) selalu bekerjasama dengan aneka macam macam materi ataupun potensi yang dimiliki oleh alam yang ada di bumi. Alam mempunyai potensi yang besar untuk menawarkan manfaat bagi seluruh makhluk, hidup terutama umat manusia. Materi atau potensi yang di berikan oleh alam sanggup berupa benda hidup maupun benda mati. Selain itu alam juga selalu menghasilkan energi yang bermanfaat bagi kehidupan. Sehingga semua potensi yang berada di alam yang dinilai sangat berkhasiat bagi makhluk hidup disebut dengan Sumber Daya Alam.


Dari uraian di atas maka sanggup disimpulkan bahwa pengertian Sumber Daya Alam yaitu semua kekayaan alam di bumi yang sanggup menawarkan manfaat sehingga berkhasiat untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup, trutama manusia. Atau Sumber daya alam yaitu semua kekayaan alam bumi, baik itu biotik dan abiotik yang sanggup menawarkan manfaat untuk memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan manusia. Baca Juga: Pengertian Sumber Daya Manusia dan Peranannya Pada Organisasi.


B. Jenis – Jenis Sumber Daya Alam dan Contohnya


Sumber daya alam yang terdapat di bumi tentu mempunyai aneka macam macam jenis maupun bentuknya, baik itu yang berada di daratan maupun di perairan. Sumber daya alam yang terdapat di daratan disebut Sumber daya Alam Terastrial, sedangkan yang terdapat di wilayah peraiaran disebut Sumber Daya Alam Akuatik .


 misalnya dan bermacam-macam pemanfaatannya yang ada di sekitar kita √ Pengertian Sumber Daya Alam, Jenisnya, Contohnya, dan Pemanfaatannya di Sekitar Kita

gambar: www.maxpixel.net


Berikut ini sanggup kau pahami jenis sumber daya alam menurut pengelompokannya, diantaranya:


a. Menurut Sifat Pembaruannya


1. Sumber Daya Alam Selalu Ada (Sustainable Resources)


Merupakan Sumber Daya Alam yang selalu ada di alam dan tidak pernah habis, alasannya yaitu siklusnya sepanjang masa, misalnya menyerupai energi cahaya matahari, udara, dan lain-lain.


2. Sumber Daya Alam Bisa Diperbarui (Renewable Resources)


Merupakan sumber daya alam yang kalau sudah habis sanggup di perbarui kembali, dengan cara reproduksi atau pengembangbiakan. SDA ini misalnya menyerupai tumbuhan, hewan, air, zat hara tanah, dan lain-lain.


3. Sumber Daya Alam Tidak Bisa Diperbarui (Non Renewable Resources)


Merupakan sumber daya alam yang kalau habis tidak sanggup di perbarui lagi, atau sangat sulit untuk di perbaharui alasannya yaitu membutuhkan waktu yang sangat usang sekali untuk menyediakannya kembali. Contohnya hasil pertambangan menyerupai kerikil bara, minyak bumi, emas, nikel, besi, dan lain-lain.


b. Menurut sumber asalnya


1. Sumber daya alam biotik.


Disebut juga sebagai sumber daya alam hayati, sangat bermanfaat terutama bagi insan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. SDA biotik sanggup di perbarui, alasannya yaitu tergolong gampang di reproduksi, misalnya menyerupai binatang dan tumbuhan.


2. Sumber daya alam abiotik


Disebut juga sebagai sumber daya alam nonhayati, jadi merupakan benda mati yang sanggup di manfaatkan oleh manusia, misalnya menyerupai hasil tambang, air, tanah, batuan, dan lain-lain.


c. Menurut Kegunaan / Penggunaannya


1. Sumber daya alam yang menghasilkan materi baku


Sumber daya alam ini berkhasiat sebagai materi utama untuk menciptakan produk atau barang yang mempunyai nilai guna lebih tinggi. Contohnya menyerupai hasil hutan berupa kayu yang dipakai sebagai materi utama untuk menciptakan furniture rumah, atau hasil tambang menyerupai emas dan perak yang berkhasiat sebagai materi baku untuk menciptakan perhiasan.


2. Sumber daya alam yang menghasilkan energi


Sumber daya alam ini berkhasiat untuk menghasilkan energi, dan energi tersebut sangat berkhasiat bagi makhluk hidup. Misalnya menyerupai energi cahaya matahari yang sangat penting bagi semua mahkluk hidup terutama bagi tumbuhan, alasannya yaitu tumbuhan ketika proses fotosintesis memerlukan energi cahaya matahari. Lalu ada juga minyak bumi yang ketika ini menjadi sebagi penghasil energi yang sangat penting bagi manusia, minyak bumi yang telah di olah sanggup menjadi materi bakar dan berkhasiat untuk menghidupkan mesin kendaraan bermotor maupun mesin produksi industri. Selanjutnya energi Angin dan arus sungai yang berkhasiat untuk pembangkit tenaga listrik, dan masih banyak lagi yang lainnya.


C. Pemanfaatan Sumber Daya Alam


a. Hewan


Merupakan makhluk hidup yang sanggup menawarkan manfaat bagi manusia, biasanya insan menciptakan peternakan untuk memperbanyak/membudidayakan hewan. Seperti peternakan ayam, sapi, dan kambing, yang dimana dagingnya sanggup di konsumsi. Atau insan menciptakan perikanan untuk membudidayakan ikan, biasanya ikan yang suka di budidayakan menyerupai ikan nila, gurame, mas, lele, belut, dll. Hewan yang di budidayakan tentunya yang mempunyai nilai jual tinggi dan sangat bermanfaat untuk di konsumsi.


b. Tumbuhan


Sama menyerupai binatang tumbuhan juga bermanfaat bagi manusia, terutama yang sanggup di konsumsi menyerupai sayuran dan buah-buahan. Manusia membudidayakan tumbuhan biasanya dengan menciptakan pertanian atau perkebunan. Tumbuhan yang sanggup dikonsumsi dan yang suka di budidayakan menyerupai sayuran kangkung, bayam, sosin, seledri, dll. Lalu Tumbuhan yang buah-buahannya sanggup di konsumsi menyerupai apel, melon, semangka, tomat, belimbing, dll.


Ada Tumbuhan juga berkhasiat sebagai penghasil materi baku untu industri menyerupai pohon karet yang diambil getahnya, kemudian pohon pinus yang di ambil kayunya. Tumbuhan juga berkhasiat untuk reboisasi atau penghijauan di kawasan yang terkena polusi udara, tentunya dengan penanaman kembali pohon-pohon sehingga udara menjadi higienis dan segar. Baca Juga: Pengertian Budidaya, Manfaatnya dan Contohnya.


c. Air Sungai dan danau


Air Sungai dan danau bermanfaat bagi kehidupan makhluk hidup. Air yang higienis di sungai maupun danau sanggup di manfaatkan oleh manusia. Air sungai dan danau berkhasiat untuk pengairan pertanian, kemudian arus sungai berkhasiat untuk pembangkit tenaga litrik. Danau sanggup dipakai untuk beternak ikan, alasannya yaitu ikan mempunyai nilai hemat yang tinggi dan sanggup dikonsumsi.


b. Energi cahaya matahari


Cahaya matahari sangat berkhasiat bagi semua makhluk hidup yang ada di planet bumi, energi cahaya matahari berkhasiat untuk menghangatkan bumi dan membentuk iklim. Tumbuhan membutuhkan cahaya matahari untuk proses produksinya (fotosintesis) dalam menghasilkan oksigen, dimana oksigen sangat berkhasiat untuk bernafas setiap makhluk hidup terutama insan dan hewan. Energi cahaya matahi juga berkhasiat untuk pembangkit listrik tenaga surya. Dan masih banyak lagi pemanfaatan lainnya.


c. Minyak Bumi


Minyak bumi ketika ini menjadi SDA yang sangat penting, banyak negara-negara di dunia yang memperebutkannya. Umumnya negara yang mempunyai SDA minyak bumi yang melimpah negara tersebut akan menjadi negara yang kaya raya, alasannya yaitu harga minyak bumi yang mahal dan keberadaanya semakin langka seiring di eksploitasi oleh insan untuk menciptakan materi bakar. Pemanfaatan minyak bumi yang telah di olah menjadi Bahan bakar sangat berkhasiat untuk menjalankan kendaraan bermotor, dan mesin-mesin produksi industri.


d. Logam (Emas, perak, nikel, dan besi)


Logam menyerupai emas dan perak meruapakan sumber daya alam yang berkhasiat sebagai materi baku perhiasan. Tentunya pemanis mempunyai nilai hemat yang sangat tinggi. Lalu besi berkhasiat untuk menciptakan peralatan, mulai dari peralatan rumah tangga sampai sebagai materi dasar mesin. Nikel dipakai sebagai adonan logam besi atau adonan untuk menciptakan stainless steel.


e. Angin


Contoh pemanfaatana Angin yaitu untuk pembangkit tenaga listrik, angin akan menggerakan benda yang dikenal dengan kincir angin sebagi pembangit tenaga listrik. Dengan memakai energi angin sebagai pembangkit tenaga listrik maka pencemaran udara sanggup dikurangi, dan sanggup menghemat materi bakar. Angin juga bermanfaat sebagai penggagas kapal layar di laut, dengan angin maka kapal layar sanggup bergerak untuk beroperasi. Dan masih banyak lagi pemanfaatan sumber daya alam lainnya.


Itulah uraian ihwal pengertian sumber daya alam yang sanggup kami berikan, supaya pembahasan ini sanggup menawarkan manfaat dalam menambah pengetahuan kamu. Jika di temukan kesalahan mohon di maafkan, sekian dan terimakasih.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com