Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Matahari, Manfaat, Karakteristik, Dan Bagiannya Terlengkap

Konten [Tampil]

Inilah pengertian matahari dan keuntungannya beserta bagian-bagiannya. Matahari merupakan sumber energi yang penting bagi kehidupan di bumi. Karena merupakan bintang terdekat dengan bumi dan sanggup memancarkan cahayanya sendiri maka matahari menjadi objek yang menarik untuk di teliti atau di amati oleh para ahli. Bagi kau yang ingin memahami perihal matahari, berikut ini kami sajikan rangkumannya supaya gampang di pahami.


A. Apa Pengertian Matahari?


Yang dimaksud dengan Matahari yaitu bola gas panas raksasa terbentuk dari gas hidrogen sebesar 74 % dan 25 % gas helium yang terisolasi. Matahari mempunyai diameter sekitar 1.400.000 KM, usianya sekitar 4,600 Miliar Tahun dan suhu permukaannya 5.778 K, Matahari merupakan bintang terdekat dengan bumi, matahari menjadi sentra dari tata surya dan cahayanya berwarna putih. Planet, satelit, asteroid, komet, dan benda angkasa lainnya berevolusi atau beredar mengelilingi matahari. Manfaat matahari yaitu sebagai sumber energi untuk kehidupan di planet bumi. Energi panas dari matahari akan menghangatkan bumi sehingga membentuk iklim, dan cahayanya bermanfaat untuk menerangi bumi serta bermanfaat juga bagi makhluk hidup contohnya flora yang membutuhkan cahaya matahari untuk proses fotosintesis. (Baca juga: Pengertian tata surya, anggotanya, dan susunannya paling lengkap).


 Matahari merupakan sumber energi yang penting bagi kehidupan di bumi √ Pengertian Matahari, Manfaat, Karakteristik, Dan Bagiannya Terlengkap

gambar: pxhere.com


B. Karakteristik Matahari


Berikut ini beberapa karakteristik matahari, yang diantaranya:



  • Matahari merupakan bola raksasa yang berpijar, penyusunnya berupa gas hydrogen sebesar 74% dan helium sebesar 25% yang terisolasi, selain itu terdapat juga penyusun lainnya ibarat nikel, silikon, sulfur, magnesium, neon, kalsium, karbon, dan kromium.

  • Matahari menghasilkan cahayanya dari reaksi fusi hidrogen yang menjadi helium.

  • Matahari mempunyai diameter sekitar 1.400.000 KM setara dengan 865.000 Mil, suhu permukannya 5.778 K.

  • Berdasarkan penelitian matahari kini berusia sekitar 4,600 Miliar tahun.

  • Massa matahari diperkirakan sekitar 1989E30 kg.

  • Gaya gravitasi matahari sekitar 28x gravitasi di bumi.

  • Matahari mempunyai massa sekitar 333.400 kali massa bumi.

  • Matahari merupakan bintang yang terdekat dengan bumi, berjarak 150 juta KM.


C. Bagian-bagaian matahari


Berikut ini lapisan matahari, dari lapisan yang terdalam sampai terluar, diantaranya:


a. Inti matahari (Core)


Yaitu bab terdalam dari matahari, bagaian ini diperkirakan mempunyai suhu 15 juta derajat celcius, dan terletak 502 ribu KM, jauh dibawah permukaan matahari, diameternya di perkirakan 386 ribu KM. Inti matahari terdapat muatan proton, elektron dan neutron dan disinilah maka terjadi reaksi termonuklir. Inti matahari mempunyai gaya gravitasi yang sanggup menarik seluruh bahan yang membentuk sebuah tekanan, dan pada tekanan inlah yang menjadikan reaksi fusi.


b. Zona Radiasi


Yaitu zona yang menjadi bab matahari yang melingkupi tempat inti. Zona ini berfungsi untuk pendistribusian energi yang terbentuk pada inti matahari, yang nantinya di distribusikan ke seluruh bagian-bagaian pada permukaan matahari. Bagian ini mempunyai suhu dari bab dalam keluar sekitar 7 sampai 2 juta derajat Celcius.


c. Zona konvektif


Yaitu lapisan pada matahari dimana suhu mulai menurun. Pada lapisan ini panas matahari melaksanakan prosedur lainnya untuk mencapai permukaan matahari. Mekanisme gres ini dilakukan alasannya yaitu di luar zona radiasi suhu mulai turun drastis, dan pada bab ini juga energi panas dari matahari akan di distribusikan secara lebih cepat daripada zona radiasi. Bagian konvektif bersuhu sekitar 2 juta derajat celcius.


 Matahari merupakan sumber energi yang penting bagi kehidupan di bumi √ Pengertian Matahari, Manfaat, Karakteristik, Dan Bagiannya Terlengkap

lapisan matahari


d. Fotosfer


Yaitu bab permukaan matahari yang daerahnya setebal 500 KM, yang mempunyai suhu sekitar 5.500 derajat celcius. Dan pada bab fotosfer ini sebagian besar radiasi matahari yang dilepaskan keluar. Dan sebagian besar cahaya yang diterima bumi berasal dari lapisan fotosfer, cahaya dari matahari hanya memerlukan 8 menit untuk mencapai permukaan bumi.


e. Kromosfer


Yaitu lapisan yang leteknya di atas fotosfer, dengan tebal sekitar 2.000 meter. Pada bab ini radiasi terus di sebarkan dengan radiasi dan warna yang di pancarkan kemerah-merahan, alasannya yaitu kandungan helium yang tinggi. Warna kromosfer cenderung tidak kelihatan alasannya yaitu warnanya tertutup cahaya yang sangat terang yang di hasilkan oleh fotosfer. Namun lapisan ini sanggup terlihat jikalau terjadi gerhana matahari total, bab kromosfer akan terlihat ibarat bingkai berwarna merah pada sekeliling matahari.


6. Korona


Yaitu bab paling luar dari matahari, bab ini warnanya putih, namun hanya sanggup di lihat dikala gerhana matahari alasannya yaitu cahaya yang di pancarkan tidak sekuat lapisan lainnya. Ketika gerhana matahari total, korona akan terlihat membentuk mahkota cahaya yang warnanya putih pada sekeliling matahari, dan korona terlihat sangat tipis dikala terjadi gerhana. Suhu pada korona mempunyai suhu yang lebih tinggi daripada bab dalam matahari.


D. Kesimpulan


Dari klarifikasi di atas maka sanggup diambil kesimpulan bahwa matahari yaitu Matahari yaitu bola gas panas raksasa yang tersusun dari gas hidrogen sebesar 74 % dan 25 % gas helium yang terisolasi, adapun penyusun lainnya ibarat nikel, silikon, sulfur, magnesium, neon, kalsium, karbon, dan kromium. Matahari mempunyai diameter sekitar 1.400.000 KM setara dengan 865.000 Mil, suhu permukannya 5.778 K, dan berusia sekitar 4,600 Miliar tahun.  Matahari merupakan bintang yang terdekat dengan planet bumi, cahaya matahari berasal dari reaksi fusi hidrogen yang menjadi helium. Lapisan matahari dari dalam sampai terluar yaitu inti, zona radiasi, zona konvektif, fotosfer, Kromosfer, dan korona.


Itulah klarifikasi yang singkat mengenai pengertian matahari, agar sanggup di pahami dan bermanfaat dalam menambah pengetahuan kamu, jikalau ada kesalahan mohon di maafkan. Skian dn terimakasih banyak telah membacanya.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com