Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Dan Ciri-Ciri Hutan Hujan Tropis Yang Penting Untuk Diketahui

Konten [Tampil]

Inilah pengertian dan ciri-ciri hutan hujan tropis yang dilengkapi dengan keuntungannya – Keberadaan hutan sangatlah penting sekali bagi kehidupan semua makhluk hidup di bumi, lantaran keuntungannya sangat besar. Banyak sekali jenis hutan di bumi ini mulai dari Hutan bakau, hutan sabana, hutan rawa, hutan musim, dan hutan hujan tropis. Pada kesempatan kali ini kita akan memahami bahu-membahu apa itu hutan hujan tropis, lebih lengkapnya silahkan baca dibawah ini.


A. Apa yang dimaksud hutan hujan tropis?


Pengertian Hutan Hujan Tropis ialah ekosistem besar yang berupa hutan keadaannya selalu lembab, yang letaknya kurang lebih antara lintang 0°-10° ke utara dan selatan garis katulistiwa. Hutan hujan tropis (Dalam bahasa Inggris: Tropical Rainforest) umumnya sanggup ditemui di benua Asia, Australia, Amerika penggalan Selatan, Amerikan penggalan Tengah, Negara Meksiko, Kepulauan Pasifik, dan Benua Afrika. Hutan hujan tropis merupakan hutan yang sangat penting terutama sebagai tempat hidup setengah spesies binatang dan tumbuhan di seluruh dunia, dan hampir seperempat tumbuhan obat herbal modern terdapat di hutan hujan tropis oleh lantaran itu sering dijuluki sebagai “Farmasi Terbesar Dunia”.


Hutan hujan tropis terdapat pada area beriklim tropis dan mempunyai curah hujan tahunan antara 200-400 cm, dengan temperatur suhu 25-32 derajat celcius, sedangkan untuk temperatur ketika malam hari jarang turun melebihi 5 derajat celcius dari temperatur suhu ketika siang hari. Umumnya kelembaban yang dimilikinya jarang turun hingga dibawah 80 persen. Sehingga kondisi iklim tersebut sangat mendukung untuk kehidupan keanekaragaman hayati. Ciri-ciri hutan hujan tropis yang utama yaitu banyaknya pepohonan yang tinggi, berdaun lebar, dan warnanya hijau.


 Keberadaan hutan sangatlah penting sekali bagi kehidupan semua makhluk hidup di bumi √ Pengertian Dan Ciri-Ciri Hutan Hujan Tropis Yang Penting Untuk Diketahui

Sumber gambar: www.nasa.gov


Tingkat keanekaragaman hayati di hutan hujan tropis sangatlah tinggi, banyak jenis spesies tumbuhhan yang belum diketahui didalamnya. Penebangan pohon dilakukan secara liar/sembarangan yang dilakukan oleh “Manusia” akan menimbulkan pertumbuhan tumbuhan dan kehidupan binatang di hutan hujan tropis akan terganggu, sehingga tumbuhan dan tanah tidak bisa lagi menyerap air dan risikonya jikalau turun hujan akan terjadi banjir maupun longsor. Penebangan secara liar juga akan menghipnotis iklim global, sehingga iklim menjadi tidak stabil dan menimbulkan pemanasan global (global warming). Oleh lantaran itu kita sebagai Manusia harus menjaga dan berupaya untuk melestarikan hutan hujan tropis, lantaran sangat penting untuk kehidupan di bumi. (Baca Juga: Pengertian Global Warming Serta Faktor, Akibat Dan Cara Mengatasinya).


B. Ciri-Ciri hutan hujan tropis


Setelah mengetahui pengertian hutan hujan tropis, maka pahami juga ciri-ciri hutan hujan tropis secara umum, diantaranya:


a. Terdapat banyak Pohon Tinggi, Berdaun Lebat, dan Berwarna Hijau


Ciri utama yang dimiliki hutan hujan tropis dalah mempunyai pepohonan yang tinggi, daunnya lebat dan berwarna hijau. Efek dari cahaya matahari yang terjadi sepanjang tahun dan tanah yang subur sanggup menciptakan pepohonannya tumbuh secara baik sehingga mempunyai batang yang tinggi, berdaun lebat dan hijau. Rata-rata tinggi pohonnya kurang lebih 40 meter dan diameternya cukup besar.


b. Vegetasi Tanaman Yang Berlapis


Maksudnya di hutan hujan tropis sulit menemukan celah kosong antara lantai hutan dan pepohohon. Karena di dalamnya terdapat juga jenis tumbuhan dengan ketinggian yang beragam. Terdapat tingkatan dari A hingga E. Dimana pada tingkatan A terdiri dari pepohonan yang mempunyai tinggi kurang lebih 40 meter. pada tingkat B terdapat pepohonan yang bercabang banyak dan saling bersinggungan kentinggian kurang lebih 20 meter. Pada tingkat C tersusun tumbuhan pohon yang rapat mempunyai ketinnggian antara 4 hingga 20 meter. Pada tingkat D terdiri dari anak pohon yang mempunyai ketinggian kurang lebih 4 meter, dan pada tingkat E merupakan lapisan yang menutupi lantai hutan hujan tropis menyerupai lumut, jamur, dan lain-lain.


c. Kelembapan Udara Sangat Tinggi


Kelembapan udaranya sangat tinggi, hal tersebut disebabkan curah hujan tinggi yang terjadi sepanjang tahun, lantaran banyaknya air dari pdedaunan yang menguap ke atmosfer. Di hutan hujan tropis umumnya animo kemarau hanya terjadi beberapa bulan saja, lantaran curah hujan yang tinggi sehingga tanahnya menyimpan banyak cadangan air.


d. Sinar Matahari sulit Menjangkau Dasar Hutan


Karena struktur hutan yang berlapis, maka sulit sekali bagi sinar matahari untuk hingga ke lantai hutan. Oleh lantaran itu lantai hutan hujan tropis selalu di tumbuhi lumut, jamur, dll. lantaran kelembaban hutan sangat tinggi.


e. Selalu Terdapat Genangan Air


Pada penggalan lantai atau dasar hutan sealu terdapat genangan air, hal tersebut disebabkan tingginya curah hujan yang selalu terjadi sepanjang tahun sehingga membasahi hutan hingga ke lantainya.


f. Regenerasi Cukup Cepat


Hutan hujan tropis mempunyai daya regenerasi yang tinggi/cepat jikalau terjadi kerusakan yang disebabkan oleh Alam. Seperti jikalau terdapat pohon yang tumbang lantaran peristiwa Alam makan sinar matahari yang sebelumnya tidak bisa mencapai lantai hutan maka akan mencapai lantai hutan dan menimbulkan tumbuhnya semak-semak dan anak pohon gres yang menjadi cikal-bakal pohon tinggi menyerupai sebelumnya.


TAPI jikalau kerusakannya cukup besar terutama disebabkan penebangan secara liar yang dilakukan oleh MANUSIA maka regenerasi hutan hujan tropis akan sangat sulit bahkan bisa terhenti. Maka oleh lantaran itu mari kita hentikan dan jangan melaksanakan penebangan liar terhadap pohon-pohon di hutan hujan tropis. Jagalah hutan biar tetap lestari jadi keseimbangan ekosistem, iklim, dll. tetap terjaga. (Baca Juga: Pengertian Reboisasi Dan Manfaatnya).


C. Manfaat Hutan Hujan Tropis


Berikut ini beberapa manfaat hutan hujan tropis yang perlu kau ketahui, diantaranya:


a. Sebagai penyeimbang ekosistem


Manfaat yang pertama dari hutan hujan tropis ialah sebagai penyeimbang ekosistem di bumi. Jika hutan hujan tropis dijaga kelestariannya maka binatang dan tumbuhan akan slalu terjaga juga dengan baik, lantaran di sana merupakan ekosistem yang baik tempat mereka hidup. Hal tersebut menjadikan hutan hujan tropis berkhasiat untuk menjaga keseimbangan ekosistem di dunia. (Baca Juga: Pengertian Keanekaragaman Hayati: Contoh, Tingkat, Manfaat, dan Upaya Pelestariannya Paling Lengkap).


b. Sebagai tempat tinggal binatang liar


Hutan hujan tropis dapa berkhasiat sebagai tempat tinggal sekaligus sebagai tempat berlindung hewan-hewan liar yang hidup di sekitarnya. Para binatang tersebut sanggup tinggal dan bertahan hidup lantaran hutan hujan tropis sanggup menyediakan segala kebutuhannya, sepeeti makanan, minuman, dan tempat berlindung.


c. Penghasil Oksigen


Di hutan hujan tropis banyak tumbuh tumbuhan hijau yang sanggup melaksanakan fotosintesis untuk menghasilkan oksigen dalam jumlah besar yang berkhasiat untuk kehidupan di bumi. Perlu di ketahui sebagain besar penghasil oksigen di bumi ialah hutan hujan tropis, lantaran banyaknya ragam atau jenis pepohonan disana. Dengan begitu iklim dan udara di bumi juga sanggup stabil sehingga tidak terjadi pemanasan global.


d. Sebagai kawasan resapan air dan menjaga siklus air


Karena terdapat banyak pepohonan sehingga tempatnya menjadi subur, tentunya baik untuk kawasan resapan air, dan siklus air tetap terjaga. Hutan hujan tropis mempunyai curah hujan yang tinggi, sehingga wilayahnya tidak mengalami kekeringan ketika animo kemarau.


e. Mencegah peristiwa banjir dan longsor


Hutan hujan tropis sanggup mencegah terjadinya musibah menyerupai banjir dan longsor, lantaran bisa menjadi kawasan resapan air yang baik, dan tetap menjaga kontur tanah. Dengan menjaga hutan hujan tropis tetap lestari maka resiko timbulnya musibah sanggup terhindarkan.


Itulah klarifikasi singkat perihal pengertian dan ciri-ciri hutan hujan tropis yang sanggup kau ketahui. Semoga goresan pena ini sanggup bermanfaat dan jikalau ada kesalahan mohon di maafkan, sekian dan terimakasih.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com