Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Dan Bioma Gurun (Padang Pasir) Serta Cirinya Yang Khas

Konten [Tampil]

Rangkuman wacana pengertian dan bioma gurun dilengkapi dengan ciri-cirinya – Di bumi terdapat majemuk kawasan berupa daratan, selain hutan terdapat juga gurun. Tentunya mempunyai suhu, kelembaban, keadaan ekosistem, maupun tanaman dan faunanya yang berbeda-beda. Lalu pada kesempatan kali ini kami akan memperlihatkan pembahasan mengenai apa itu Gurun dilengkapi juga dengan bioma-nya.


A. Apa Pengertian Gurun ?


Sebelum mengetahui apa itu Bioma Gurun, mari kita terlebih dahulu ketahui Definisi Gurun yaitu kawasan yang yang mempunyai curah hujan sangat rendah sekali kurang dari 25 cm/tahun, suhunya sangat panas di siang hari dan sangat cuek di siang hari, sifat udaranya kering, serta sedikit sekali tanaman dan yang hidup, gurun sering disebut juga “Padang Pasir”. Hampir ¼ daratan di planet bumi ini merupakan kawasan gurun. Pada siang hari gurun mempunyai temperatur yang panas bisa mencapai 60 derajat celcius dan pada malam hari suhunya sangat cuek bisa mencapai 0 derajat celcius.


Gurun juga sanggup diartikan sebagai suatu kawasan yang sekelilingnya terdapat hamparan pasir-pasir, dan curah hujan sangat rendah. Beberapa pola gurun terbesar misalnya: Gurun Sahara (Afrika Utara), Gurun Sonora (Amerika), Gurun Gobi (Republik Rakyat Cina), dan gurun Kalahari (Afrika Tengah).


 Lalu pada kesempatan kali ini kami akan memperlihatkan pembahasan mengenai apa itu Gurun dile √ Pengertian dan Bioma Gurun (Padang Pasir) serta Cirinya Yang Khas

Gurun Sahara
sumber gambar: bobo.grid.id


Gurun dianggap sebagai kawasan yang mempunyai kemampuan sangat kecil untuk mendukung kehidupan di banding kawasan yang basah. Tetapi di gurun juga terdapat beberapa kehidupan yang khas, dimana tanaman dan faunanya mempunyai kemampuan khusus untuk tetap bertahan hidup. (Baca Juga: Pengertian Ekologi Dan Contohnya Memahami Secara Umum).


B. Proses Terjadinya Gurun


Proses terjadinya gurun dibagi menjadi 2 (dua) yaitu:


a. Pelapukan Batuan


Yaitu suatu proses terjadinya pelapukan jenis batuan yang disebabakan oleh perbedaan suhu sangat ekstrim antara suhu siang hari dan malam hari. Karena perbedaan suhu tersebut banyak batuan yang mengalami pelapukan sehingga menjadi pasir-pasir.


b. Penguapan air tanah yang belebihan


Yaitu terjadi lantaran penguapan air tanah yang berlebihan lantaran tingginya suhu terhadap permukaan tanah dan atmosfer, sehingga tanah menjadi sangat tandus / gersang dan menjadi padang pasir. Baca Juga: .


B. Apa itu Bioma Gurun ?


Mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu Bioma secara umum. Bioma yaitu suatu ekosistem yang mencakup suatu area yang luas, mempunyai tanaman dan fauna yang khas. Bioma merupakan ekosistem yang terbentuk tanggapan perbedaan letak geografis.


Dari klarifikasi tersebut maka sanggup disimpulkan bahwa Bioma Gurun yaitu ekosistem yang terdapat di gurun, diantaranya mencakup padang pasir, batuan, tanaman dan fauna yang sangat jarang. Bioma gurun yang luas terdapat di sekitar 20 derajat Lintang Utara, dimulai dari pantai atlantik di Afrika sampai ke cuilan Asia Tengah, sepanjang kawasan tersebut terdapat gurun terbesar yaitu gurun Sahara, gurun gobi yang mempunyai luas sampai 10 jt KM persegi. (Baca Juga: Pengertian Dan Ciri-Ciri Hutan Hujan Tropis).


Ciri-ciri bioma gurun diantaranya meliputi:



  1. Daerahnya terdapat hamparan pasir yang luas.

  2. Curah hujan sangat rendah sekali, intensitas cahaya matahari sangat tinggi.

  3. Tingkat penguapan lebih tinggi dari curah hujan.

  4. Suhumnya sangat panas di siang hari dan sangat cuek di malam hari.

  5. Tumbuhan yang hidup di gurun umumnya mempunyai daun kecil berupa duri dan akarnya panjang, daun tersebut berfungsi untuk mengurangi penguapan. Akar yang panjang mempunyai kegunaan untuk mencari air. Dan batang sanggup menyimpan cadangan air. Contoh Flora di gurun seperi pohon Kaktus, dan pohon Kurma.

  6. Contoh Fauna yang sanggup bertahan hidup di gurun ibarat unta, ular, kadal, dan serangga-serangga kecil yang umumnya pada siang hari suka bersembunyi di lubang-lubang atau guha dan pada malam hari keluar untuk mencari makan.


 Lalu pada kesempatan kali ini kami akan memperlihatkan pembahasan mengenai apa itu Gurun dile √ Pengertian dan Bioma Gurun (Padang Pasir) serta Cirinya Yang Khas

Gurun Gobi
sumber gambar: travel.tribunnews.com


C. Ciri-Ciri Gurun


Dari klarifikasi di atas kita sanggup mengetahui ciri-ciri gurun atau padang pasir, diantaranya seperti:



  1. Memiliki curah hujan yang sangat rendah sekali yaitu kurang dari 25 cm/tahun.

  2. Keadaan tanah di sekitar wilayahnya sangat tandus, dan gersang, sehingga sulit sekali untuk menyimpan air.

  3. Kelembaban udaranya sangat rendah, sifat udaranya kering, suhunya panas pada siang hari sanggup mencaai 60 derajat celcius, dan sangat tingin pada malam hari sanggup mencapai 0 derajat celcius.

  4. Kecepatan penguapannya sangat tinggi sekali


D. Kesimpulan Pembahasan


Dari klarifikasi di atas maka sanggup diambil kesimpulan bahwa pengertian gurun yaitu suatu kawasan yang sekelilingnya terdapat hamparan pasir-pasir, mempunyai curah hujannya sangat kecil, bersuhu panas pada siang hari dan sangat cuek pada malam hari. Ciri-ciri gurun meliputi:



  1. Curah hujannya sangat rendah.

  2. Tanahnya tandus, derdapat hamparan pasir yang luas.

  3. Besuhu sangat panas pada siang hari, dan sangat cuek pada malam hari.

  4. Flora yang hidup mempunyai ciri berdaun duri dan berakar panajang.

  5. Fauna yang hidup mempunyai ciri: mempunyai cadangan lemak, menciptakan tempat tinggal dalam tanah, umumnya beraktifitas pada malam hari.


Sedangkan bioma gurun yaitu ekosistem yang terdapat di gurun, diantaranya mencakup padang pasir, batuan, tanaman dan fauna yang hidup di dalamnya meski sangat jarang ditemui.


Contoh gurun ibarat Gurun Sahara (Afrika Utara), Gurun Sonora (Amerika), dan Gurun Kalahari (Afrika Tengah).


Itulah goresan pena singkat wacana pengertian gurun, biar sanggup memperlihatkan manfaat dalam menambah pengetahuan kamu, sekian dan terimakasih.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com