Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pola Rpp Bahasa Inggris Sd Kelas 4

Konten [Tampil]

Contoh RPP Bahasa Inggris SD Kelas 4 – RPP, atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan Lesson Plan, merupakan rencana pembelajaran yang biasanya dibentuk oleh guru sebelum mengajar di kelas. Tidak hanya Bahasa Indonesia, dalam mengajar Bahasa Inggris atau mata pelajaran lain guru pun memerlukan RPP. Berikut yakni rujukan RPP Bahasa Inggris SD kelas 4.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Nama Sekolah : _____________________

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas / Semester : IV / 1

Standar Kompetensi : 3. Memahami goresan pena bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas.

Kompetensi Dasar : 3.1 Membaca nyaring dengan melafalkan alfabet dan ucapan yang sempurna yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.

Alokasi Waktu : 2 x 35 menit


Tujuan Pembelajaran :


1. Siswa sanggup melafalkan alfabet, kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar.

2. Siswa sanggup membaca alfabet, kata, frasa, dan kalimat dengan intonasi yang benar.

3. Siswa sanggup membaca nyaring dengan baik dan benar.


Karakter siswa yang diperlukan :


• Dapat dipercaya ( Trustworthiness )

• Tanggung jawab ( responsibility )

• Berani ( courage )

• Tekun ( diligence )

• Rasa hormat dan perhatian ( respect )


Metode Pembelajaran :


1. Siswa mendengarkan rujukan membaca nyaring yang dilakukan oleh guru.

2. Siswa mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam acara membaca nyaring: pronunciation dan intonation.

3. Siswa menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai dengan model.

4. Siswa membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar.


Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran:


1. Kegiatan Pendahuluan

Apersepsi dan Motivasi

Dalam acara apersepsi dan motivasi, guru:

• Guru mengabsen para siswa.

• Guru mengawali pelajaran dengan menanyakan mengenai nama para siswa dan menanyakan apakah mereka sanggup mengeja nama mereka dalam Bahasa Indonesia (jika topik berkaitan dengan spelling).

• Guru sanggup meminta siswa untuk mengucapkan alfabet dalam bahasa Inggris yang mereka tahu dengan bunyi lantang kalau topik bahasa berkaitan dengan spelling.



style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
data-ad-client="ca-pub-9290406911233137"
data-ad-slot="2698768695">


2. Kegiatan Inti


Eksplorasi

Dalam acara eksplorasi, guru:

• Guru membaca teks dengan pengucapan dan intonasi yang baik dan benar.

• Siswa mendengarkan guru yang sedang membacakan teks dengan secama.


Elaborasi

Dalam acara elaborasi, guru:

• Guru membaca teks secara lantang untuk kedua kalinya.

• Guru, lalu, meminta siswa untuk menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda yang sesuai dengan yang dicontohkan oleh guru.

• Masing-masing siswa membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar (sementara siswa melaksanakan acara ini, guru mengitari siswa dan membenarkan apabila terdapat siswa yang melaksanakan kesalahan dalam membaca).

• Guru meminta siswa mengeja namanya masing-masing.


Konfirmasi

Dalam acara konfirmasi, guru:

• Guru bertanya jawab perihal hal-hal yang belum diketahui oleh siswa.

• Guru bersama siswa bertanya jawab guna meluruskan kesalahan pemahaman, menunjukkan penguatan dan penyimpulan terhadap materi yang gres dipelajari.


3. Kegiatan Penutup

Dalam acara penutup, guru:

• Guru meminta beberapa siswa untuk mengeja nama teman, saudara mereka, atau orang yang mereka kagumi.

• Guru meminta siswa untuk berlatih mengeja nama-nama benda dalam bahasa Inggris yang mereka tahu di rumah sebagai latihan tambahan.


Unduh rujukan rpp lengkap dengan klik link: Contoh RPP Bahasa Inggris SD Kelas 4


9 Contoh Iklan Jasa dalam Bahasa Inggris

9 Contoh Iklan Hotel dalam Bahasa Inggris

8 Contoh Iklan Sepatu dalam Bahasa Inggris



Sumber https://www.kakakpintar.id