Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Internet Beserta Perkembangan, Imbas Dan Peluang Nya

Konten [Tampil]

Berbicara mengenai jaman kini ini tentu tidak luput dari berbicara mengenai internet. Dari berdiri tidur hingga tidur lagi insan jaman kini selalu ditemani oleh internet.


Apalagi teknologi semakin berkembang pesat, alat – alat yang dipakai semakin canggih dan mudah sehingga kita semakin dimanjakan, termasuk dengan adanya internet.


Lalu bagaimana perkembangan internet dari awal keberadaannya hingga menjadi menyerupai kini ini? Mari kita mengulik bersama.


Serba Serbi Internet


Image Source: medium.com

Cikal bakal internet ialah Arpanet. Arpanet (Advanced Research Project Agency Network) merupakan suatu agenda yang diadakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) pada tahun 1960.


Arpanet ini merupakan agenda riset mengenai cara supaya beberapa komputer sanggup terhubung sehingga membentuk sebuah jaringan.


Pada zaman itu Arpanet merupakan jaringan komputer nasional di Amerika Serikat yang memakai packet switching sebagai metode komunikasinya.


Pada awal berdirinya ARPANET hanya mempunyai empat situs yang dihubungkan yaitu Standford Research Institute, University of Utah, University of California, dan Santa Barbara.


Berawal dari packet switching, internet mengalami perkembangan lapisan protocol jaringan yang disebut sebagai Transmission Control Protocol/ Internet Protocol (TCP/ ICP).


Protocol ini dikembangkan oleh Robert Kahn dan Viton Cerf pada tahun 1974. Protokol sendiri merupakan suatu kumpulan hukum yang dipakai untuk berafiliasi antarjaringan.


Jaringan yang memakai protocol internet disebut sebagai jaringan internet. Jaringan internet merupakan protokol standar yang telah disepakati sehingga bisa menghubungkan secara luas, bahkan kini ini sanggup menjangkau seluruh dunia.


Pengertian Internet Menurut Para Ahli


Image Source: ophtek.com

Internet merupakan abreviasi dari interconnection network yang mempunyai definisi sebagai jaringan komputer yang luas dan mendunia.


Definisi internet berdasarkan Sibero ialah sebuah jaringan computer yang sanggup menghubungkan antar computer secara global.


O’brien menyebutkan bahwa internet ialah suatu jaringan computer yang berkhasiat untuk aneka macam macam kepentingan.


Menurut Onno W. Purbo internet ialah suatu media yang dipakai untuk mengefisienkan proses komunikasi. Internet ini menghubungkan orang – orang dari belahan dunia yang berbeda.


Perkembangan Internet


Internet sangat bermanfaat bagi insan untuk mencari informasi yang terbaru. Dan remaja ini internet terus berkembang. Penggunaan internet remaja ini tidak terbatas hanya memakai computer saja. Kita bisa mengakses internet aneka macam macam piranti lainnya menyerupai tablet dan handphone.


Internet terus berkembang seiring berjalannya waktu. Pada tahun 1995 tercatat lahir GeoCities. Situs GeoCities ini merupakan situs yang melayani Web Hosting, layanan untuk menyimpan data website supaya sanggup diakses dimana saja.


Kemudian muncul media umum pertama, Sixdegree.com dan Classmates.com, pada tahun 1997 hingga 1999. Dilanjutkan muncul situs blog pribadi, blogger. Kemudian pada tahun 2002 muncullah Friendster. Pada tahun – tahun selanjutnya muncullah facebook, twitter, line dan whatsapp.


Penetrasi internet ke masyarakat terus berkembang pesat. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pengguna internet semakin meningkat.


Namun, penggunaan internet dilaporkan lebih banyak untuk mengakses media sosial, yaitu sekitar 90%. Penggunaan internet dilaporkan didominasi oleh usia muda.


Dampak positif internet


Internet mempunyai banyak imbas positif atau manfaat yang diberikan, yaitu sebagai berikut:


1. Memudahkan untuk mencari informasi


Berbagai macam informasi tersedia di internet, baik informasi terkait ilmu pengetahuan, insiden teraktual, sejarah dan lain sebagainya.


Dengan adanya internet, kita hanya perlu mencari dengan kata kunci tertentu sesuai kebutuhan kemudian kita akan memperoleh informasi – informasi terkait.


Dengan adanya internet, kita tidak perlu pergi ke perpustaakaan kemudian membuka satu persatu buku – buku yang berada di perpustakaan untuk mencari informasi.


2. Mempersingkat waktu yang diperlukan


Internet memfasilitasi kita untuk memperoleh aneka macam informasi dengan waktu yang cepat. Dalam mencari informasi – informasi tertentu maupun dalam bertukar informasi dengan sahabat di belahan dunia yang berbeda, kita hanya memerlukan waktu sekian detik.


Berbeda dengan dulu sebelum adanya internet, kita memerlukan waktu berhari – hari bahkan berbulan – bulan untuk bertukar informasi melalui surat.


3. Internet sebagai media komunikasi yang praktis


Saat ini salah satu layanan internet ialah media social. Berbagai mendia social telah tercipta untuk menawarkan kemudahan untuk berkomunikasi dan bertukar informasi.


4. Internet sebagai wahana hiburan


Internet menyajikan aneka macam macam informasi termasuk konten – konten yang bersifat menghibur. Sebut saja Youtube. Di Youtube kita sanggup menemukan aneka macam macam video dengan konten yang menghibur menyerupai video stand up comedy. Selain itu, kita bisa membaca buku atau dongeng lucu di internet.


Dampak negatif internet


Meskipun internet mempunyai banyak manfaat, internet juga mempunyai banyak imbas negatif. Berikut ini imbas negatif internet:


1. Plagiarisme


Kemudahan dalam mengakses aneka macam macam informasi terkadang membuat sebagian orang semakin malas untuk membuat karyanya sendiri. Dengan adanya internet, semakin memudahkan seseorang untuk melaksanakan Copy paste terhadap suatu informasi tertentu (plagiarisme).


2. Penipuan


Penggunaan internet, khususnya layanan media umum terus berkembang. Penggunaan media social dikala ini telah menjadi salah satu media untuk berbisnis (bisnis online).


Namun demikian, bisnis online ini rentan terjadi penipuan sebab penjual dan pembeli tidak saling mengenal dengan baik (hanya berafiliasi melalui dunia maya).


3. dsfkjdggrafi


Dengan kemudahan saluran untuk semua informasi terkadang tidak ada filter terhadap konten – konten negatif, contohnya pronografi. Adanya internet semakin mempermudah penyebaran dan pengaksesan konten p0rn*grafi di seluruh belahan dunia.


4. Mudahnya penyebaran informasi hoax


Internet menawarkan kemudahan dalam memperoleh maupun mengembangkan informasi. Hal yang amat disayangkan ialah mudahnya penyebaran informasi hoax melalui internet.


Berita hoax, black campaign, dan hate speech sanagat gampang menyebar dan menjadi viral melalui internet. Oleh sebab itu, sebagai pengguna internet haruslah bijak dalam mendapatkan informasi – informasi dan harus bisa menyaring informasi yang diterima.


Peluang adanya internet


Setelah membahas mengenai imbas positif dan imbas negatif internet, diharapkan kita semakin bijak dalam memakai internet.


Selain itu, kita juga sanggup membuat peluang dari adanya internet. Kira – kira peluang apa saja yang bisa kita peroleh dari internet? Yuk kita bahas bersama!


1. Penggunaan perpustakaan digital


Kita bisa membaca buku – buku secara online atau pun membuat suatu database buku – buku untuk dijadikan perpustakaan digital. Kita bisa mengakses buku – buku tersebut dimanapun dan kapanpun kita mau.


2. Peluang bisnis


Penggunaan media umum dilaporkan sekitar 90% dari pengunaan layanan internet. dengan demikian kita bisa melaksanakan bisnis online memakai media social.


Dengan memakai media social, kita tidak perlu mengeluarkan biaya operasional yang tinggi untuk melaksanakan promosi bisnis kita. Kita sanggup dengan gampang dan cepat dalam mengembangkan informasi bisnis kita.


3. Menciptakan lapangan kerja baru


Lapangan pekerjaan gres tercipta dikala berkembangnya internet, contohnya selebgram dan youtuber. Setiap orang mempunyai peluang untuk membuat suatu inspirasi gres berbasis internet supaya memperoleh lapangan pekerjaan baru.


Peluang – peluang yang muncul dari internet tidak terbatas pada yang telah disebutkan. Masih banyak peluang – peluang yang lahir dari internet yang penulis tidak sanggup sebutkan satu – persatu.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com